Loading...

√ Apa Itu Pkl Atau Prakerin Pada Smk?

 Kali ini saya akan memperlihatkan sebuah gosip mengenai apa itu PKL atau biasa juga ada y √ Apa itu PKL atau Prakerin pada SMK?

     Hey sob? Kali ini saya akan memperlihatkan sebuah gosip mengenai apa itu PKL atau biasa juga ada yang menyebutnya Prakerin. Untuk murid Sekolah Menengah kejuruan mungkin kegiatan ini merupakan kegiatan yang masuk akal dilakukan lantaran memang PKL atau Prakerin sendiri dikhususkan untuk para murid siswa/siswi pelajar Sekolah Menengah kejuruan saja.

     Lalu apa perbedaan PKL dan Prakerin. Menurut saya perbedaanya hanya penamaannya saja lantaran arti dari kedua kata tersebut mempunyai makna yang sama. Lalu apa itu PKL atau Prakerin? Oke untuk membahas ini mari kita simak pembahasan berikut ini.

     PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau Prakerin (Praktik Kerja Industri) yakni bab dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sebagai kegiatan bersama antara Sekolah Menengah kejuruan dan Industri yang dilaksanakan di dunia usaha, industri. Dalam kurikulum Sekolah Menengah kejuruan (Dikmenjur, 2008) disebutkan : PKL yakni tumpuan penyelanggaraan diklat yang dikelola bahu-membahu antara Sekolah Menengah kejuruan dengan industri/asosiasi profesi sebagai Institusi Pasangan (IP), mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga penilaian dan sertifikasi yang merupakan satu kesatuan kegiatan dengan memakai banyak sekali bentuk alternatif pelaksanaan ibarat day release, block release dan sebagainya.

     PKL yakni suatu proses pembelajaran dan training secara mudah dalam bidang kompetensinya masing-masing, hal ini dimaksudkan untuk memperlihatkan pengalaman riil bagi akseptor didik perihal lingkungan kerja, etos dan budaya kerja yang belum sanggup disampaikan sepenuhnya di sekolah. Dari pengalaman Praktik Kerja Lapangan ini dibutuhkan akseptor didik mendapat ketrampilan hidup yang akan mempunyai kegunaan bagi perkembangan dirinya dimasa yang akan datang. Hal ini memerlukan pemberian dari dunia perjuangan dan dunia industri sebagai kiprah serta masyarakat dalam pendidikan Nasional sesuai dengan PP No.66 Tahun 2010, Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 70 Tahun 2013 perihal kurikulum sekolah menengah kejuruan kiprah pendidikan dilaksanakan melalui jalur pendidikan disekolah dan jalur pendidikan diluar sekolah serta implementasi kurikulum Sekolah Menengah kejuruan edisi Tahun 2013.

     Nah, sudah jelaskan, bahwa PKL atau Prakerin ini yakni sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah yang dimasukan kedalam kurikulum Sekolah Menengah kejuruan (Sekolah Menengah Kejuruan), jadi sudah sesuatu yang wajib bagi siswa/siswi Sekolah Menengah kejuruan untuk melakukan kegiatan PKL atau Prakerin ini.

     Oke mungkin itu saja yang sanggup saya berikan mengenai artikel "Apa itu PKL atau Prakerin pada SMK" ini, biar dengan apa yang sudah saya berikan ini sanggup bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapat info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan sanggup isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Sumber http://www.blogsejutaumat.com/
Buat lebih berguna, kongsi: