Loading...

√ Fungsi Mitokondria Pada Sel Flora Sel Binatang Beserta Strukturnya

Fungsi mitokondria – Pengertian mitokondria ialah organel tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel pada makhluk hidup. Selain itu terdapat fungsi seluler lain menyerupai metabolisme asam lemak, biosintesispirimidina, homeostasis kalsium, transduksi sinyal seluler dan juga sebagai penghasil energi.


Memang fungsi utama mitokondria ialah untuk respirasi sel. Selain itu terdapat fungsi mitokondria yang lainnya, baik bagi hewan, flora dan makhluk hidup lainnya. Mitokondria mempunyai sistem genetik sendiri dibandingkan sistem genetik inti.


Struktur mitokondria mempunyai dua lapisan membran, yang terdiri dari lapisan membran luar dan lapisan membran dalam. Bagian-bagian pada mitokondria penting untuk melaksanakan cara kerja mitokondria itu sendiri. Sel-sel yang mempunyai banyak mitokondria antara lain ada pada jantung, hati dan otot.


Bagian ribosom dan rRNA mitokondria lebih menyerupai dengan yang dimiliki basil dibandingkan dengan yang disandi oleh inti sel eukariota. Adapun tahap respirasi pada binatang dan flora juga melewati jalur yang sama yang dikenal sebagai siklus Krebs.


(baca juga fungsi kloroplas pada sel tumbuhan)


 Pengertian mitokondria ialah organel tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel pada mak √ Fungsi Mitokondria pada Sel Tumbuhan  Sel Hewan Beserta Strukturnya


Fungsi Mitokondria


Apa saja fungsi mitokondria pada sel tumbuhan, sel binatang dan makhluk hidup lain? Berikut ialah fungsi dan kiprah mitokondria beserta penjelasannya.


Tempat Berlangsungnya Respirasi Sel


Fungsi utama mitokondria ialah respirasi sel. Respirasi sel ialah proses kimiawi untuk melepaskan energi yang tersimpan dalam glukosa. Energi yang dipakai untuk pemecahan glukosa disediakan oleh molekul-molekul ATP. Proses ini terdiri dari glikolisis, siklus krebs dan transpor elektron.


Menghasilkan Energi dalam Bentuk ATP


Fungsi mitokondria ialah untuk menghasilkan energi. Makanan yang dikonsumsi akan dipecah dalam bentuk molekul menyerupai karbohidrat atau lemak untuk kemudian dikirim ke mitokondria, Nantinya akan dihasilkan molekul ATP melalui proses fosforilasi oksidatif.


Menjaga Konsentrasi Ion Kalsium


Mitokondria juga penting untuk menjaga konsentrasi ion kalsium yang sempurna dan cukup dalam banyak sekali kompartemen sel. Mitokondria membantu sel-sel dengan melayani sebagai sebuah tangki penyimpanan yang sanggup menyimpan ion kalsium.


Membangun Bagian-Bagian dari Darah dan Hormon


Mitokondria juga mempunyai kiprah dan fungsi lainnya, yakni dalam membangun bagian-bagian tertentu dari darah serta hormon. Contoh bagian-bagian yang dibangun mitokondria dari darah atau hormon contohnya yaitu testosteron dan estrogen.


Mendetoksifikasi Amonia


Fungsi mitokondria juga penting untuk melaksanakan detoksifikasi amonia. Hal ini dilakukan alasannya ialah adanya enzim yang terdapat pada mitokondria yang ada pada sel-sel hati. Enzim itulah yang kemudian melaksanakan tugasnya untuk detoksifikasi amonia.


Menjalankan Proses Apoptosis


Mitokondria juga berperan dalam proses janjkematian sel terprogram. Maksudnya sel-sel yang tidak diinginkan yang jumlahnya terlalu banyak akan dipangkas selama perkembangan organisme, dimana proses ini dinamakan sebagai proses apoptosis.


Mengawasi Pertumbuhan Sel


Fungsi mitokondria penting dalam pertumbuhan sel. Dalam kaitannya dengan sel, mitokondria berfungsi untuk mengawasi pertumbuhan dan perkembangan sel. Selain itu, mitokondria juga berperan dalam mengawasi diferensiasi sel.


Struktur Mitokondria


Berikut ini ialah struktur-struktur mitokondria dan penjelasannya, terdiri dari membran luar, membran dalam, krista, ruang antar membran dan matriks.


Membran Luar


Membran luar tersusun atas fosfolipid bilayer yang mengandung protein porin. Lapisan ini sanggup dilewati oleh ion-ion, ATP, ADP dan molekul-molekul nutrisi.


Membran Dalam


Membran dalam merupakan membran kompleks tapi permeable yang terbentuk dari molekul-molekul kompleks transpor elektron, kompleks ATP sintase dan transport protein.


Krista


Krista merupakan lipatan yang terdapat di membran dalam mitokondria. Fungsi krista membantu ekspansi struktur membran dalam sel dikala diharapkan ruang untuk lebih banyak molekul-molekul DNA mitokondria.


Ruang Antar Membran


Ruang antar membran merupakan ruang yang terdapat di antara membran luar dan membran dalam. Fungsi ruang antar membran bertanggung jawab atas fosforilasi oksidatif.


Matriks


Matriks berisi molekul-molekul DNA yang berfungsi dalam respirasi sel serta enzim-enzim yang berfungsi dalam siklus reaksi asam sitrat. Selain itu terdapat air dan gas-gas terlarut menyerupai oksigen dan karbon dioksida.


Nah demikian pembahasan fungsi mitokondria pada makhluk hidup beserta penjelasannya lengkap. Mitokondria mempunyai kiprah dan fungsi penting baik bagi hewan, flora dan makhluk hidup lainnya. Semoga sanggup menjadi tumpuan dan menambah wawasan.




Sumber https://www.zonareferensi.com
Buat lebih berguna, kongsi: