Loading...

√ Pengertian Json Dan Parsing Json

kali ini aku akan membahas implementasi parsing JSON JavaScript Objek Notation pada android.
 kali ini aku akan membahas implementasi parsing JSON JavaScript Objek Notation pada andr √ pengertian JSON dan Parsing JSON


JSON (Javascript Object Notation) merupakan format pertukaran data yang ringan, gampang dibaca dan ditulis oleh manusia. Formatnya berbasis teks dan terbaca-manusia serta dipakai untuk merepresentasikan struktur data sederhana dan larik asosiatif (disebut objek). Format JSON sering dipakai untuk mentransmisikan data terstruktur melalui suatu koneksi jaringan pada suatu proses yang disebut serialisasi. Aplikasi utamanya yaitu pada pemrograman aplikasi web AJAX dengan berperan sebagai alternatif terhadap penggunaan tradisional format XML.

lalu untuk apa JSON ini dalam pengembangan aplikasi Android ?

Dalam aplikasi Android, terkadang kita memerlukan suatu data yang berasal dari suatu server untuk dipakai dan ditampilkan dalam aplikasi kita. Nah, untuk mengambil data dari server kita dapat menggunakan yang namanya API (Application Programming Interface). bagi yang belum tahu apa itu API, silahkan cari tahu pengertian wacana API.

Dalam penyaluran data dari server ke client(aplikasi kita) memerlukan sebuah standar pemformatan data, nah disinilah kita pakai JSON. Adapun salah pola dari bentuk JSON sebagai berikut :
{
     "namaDepan": "Budi",
     "namaBelakang": "Sudi",
     "alamat": {
         "namaJalan": "Jl. Sudirman 15A",
         "kota": "Jakarta",
         "provinsi": "DKI Jakarta",
         "kodePos": 11234
     },
     "nomerTelepon": [ 
         "021 575-1234",
         "021 565-4567"
     ]
 }
Dalam tutorial kali ini kita menggunakan pola JSON yang sangat sederhana, yang berisi contact dimana setiap node nya berisi warta ibarat nama, alamat, email, gender, dan no hp. Dan kali ini kita pakai library j4va.net (sudah bawaan Java-nya) untuk menciptakan pemanggilan HTTP dan mencocokkan JSON dari URL. Selain library bawaan(default) tersebut, ada juga library third party seperti Volley dan Retrofit .

Perbedaan JSONArray dan JSONObject?
Dalam JSON, ada dua hal penting yang harus kita ketahui dan harus tahu membedakannya, yaitu JSONArray dan JSONObject. JSONArray di dalam JSON di representasikan dengan tanda [ (Square Brackets), sedangkan JSONObject di representasikan dengan tanda } (Curly Brackets). Dalam implementasi kodingan j4va-nya, jikalau JSONArray kita gunakan method getJSONArray(), kalau JSONObject kita gunakan method getJSONObject().
Gampang kan ?


silahkan anda kunjungi situs resminya JSON.

Sumber http://www.sharingse.net/
Buat lebih berguna, kongsi: