Loading...

Jawaban Pg Uji Kompetensi Kepingan 2 Halaman 127 Ips Kelas 8

Uji Kompetensi Bab 2
Halaman 127-128-129
IPS Kelas 8 SMP/MTS
A. Pilihan Ganda (PG)
PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN 
Uji Kompetensi Bab 2 IPS Halaman 127 Kelas 8
Uji Kompetensi Bab 2 IPS Kelas 8 Halaman 127
Semester 2 Kurikulum 2013
PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN Jawaban PG Uji Kompetensi Bab 2 Halaman 127 IPS Kelas 8
Jawaban PG Uji Kompetensi Bab 3 Halaman 127 IPS Kelas 8

A. Pilihan Ganda
1. Pak Amir mengajar Sekolah Menengan Atas sebagai guru. Setelah beberapa tahun, ia kini menjabat sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Kasus ini merupakan contoh mobilitas sosial . . . .
a. horizontal
b. antargenerasi
c. vertikal naik
d. vertikal turun
e. geografis
Penyelesaian:
Gerak sosial dari Pak Amir yang awalnya yaitu seorang guru menjadi wakil kepala sekolah bidang kurikulum atau naik jabatan merupakan salah satu bentuk mobilitas sosial vertikal.

Mobilitas sosial sosial vertikal sanggup diartikan sebagai perpindahan seseorang/kelompok dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lain yang tidak sederajat, baik pindah pada tingkat yang lebih tinggi maupun yang lebih rendah.

Pada problem diatas, Pak Amir berpindah kedudukan sosial dari awalnya seorang guru menjadi wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Yang artinya berpindah pada kedudukan yang lebih tinggi. Perpindahan kedudukan sosial ibarat ini dinamakan mobilitas sosial vertikal naik.
2. Faktor pendorong bagi kelompok masyarakat tidak bisa untuk melakukan mobilitas sosial yaitu . . . .
a. status sosial
b. keadaan ekonomi
c. pendidikan rendah
d. situasi politik
e. penyebab struktural
Penyelesaian:
Keadaan ekonomi sanggup menjadi pendorong terjadinya mobilitas sosial. Untuk kalangan masyarakat yang kondisi ekonominya baik, cenderung lebih gampang dalam melaksanakan mobilitas sosial. Dengan kondisi ibarat itu, akan gampang memperoleh modal, pendidikan, dan kesempatan yang lainnya. Demikian sebaliknya untuk kalangan msyarakat yang kesulitan ekonomi.

3. Perhatikan beberapa pola susukan mobilitas sosial di bawah ini:
1) PGRI
2) APKOM DIY
3) IDI
4) PBB
5) IMI
Yang termasuk pola susukan mobilitas sosial pada bidang organisasi profesi adalah . . . .
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 2 dan 5
e. 4 dan 5
Penyelesaian:
Organisasi profesi merupakan salah satu susukan dari mobilitas sosial, yang salah satu tujuannya yaitu untuk memperjuangkan, meningkatkaan tujuan yang hendak dicapai. Salah satu pola susukan mobilitas sosial ini yaitu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan  Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) merupakan salah satu sarana usaha para Guru dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan guru.

4. Di bawah ini pola faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural adalah . . . .
a. seorang anak yang mempunyai perilaku giat dan tekun
b. seorang anak yang melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah tinggi tinggi
c. seorang anak yang migrasi ke kawasan lain alasannya yaitu ada konflik
d. seorang anak desa yang mencari pekerjaan di kota
e. seorang anak yang mempunyai keluarga kerajaan
Penyelesaian:
Faktor struktural sanggup diartikan sebagai sebagai salah satu  faktor dari mobilitas sosial yang berkaitan pada status sosial yang lebih tinggi. Pada kurun kini ini, seseorang dengan yang mempunyai harapan dan kemauan yang tinggi akan sanggup memperoleh mobilitas sosial setinggi-tingginya. Contoh faktor ibarat ini yaitu “seorang anak yang melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah tinggi tinggi”

5. Di bawah ini yang bukan cara untuk meningkatkan integrasi sosial yang baik, adalah . . . .
a. mematuhi norma-norma yang berlaku
b. menyesuaikan gaya hidup hedonis
c. berpegang teguh pada nilai-nilai sosial
d. ikut acara sosial masyarakat
e. menyesuaikan dengan budaya sekitar
Penyelesaian:

6. Keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia mempunyai dampak positif, kecuali . . . .
a. potensi dalam bidang pariwisata
b. bangsa menjadi lebih luwes
c. objek kajian budaya internasional
d. kegagalan komunikasi bahasa
e. adanya warisan kearifan lokal yang kaya
Penyelesaian:

7. Perhatikan nama suku bangsa Indonesia
1) Minangkabau
2) Gayo
3) Osing
4) Aneuk Jamee
5) Ngaju
Yang termasuk suku bangsa Indonesia berasal dari provinsi NAD yaitu . . . .
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 4 dan 5
Penyelesaian:

8. Yang bukan termasuk cara melestarikan budaya kawasan sekitar yaitu . . . .
a. mendokumentasikan pagelaran budaya daerah
b. mempelajari tarian watak daerah
c. mempelajari lagu daerah
d. mengarang lagu bahasa daerah
e. mempelajari seni bela diri karate
Penyelesaian:

9. Pluraritas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan . . . .
a. keseragaman semoga tercapai kedamaian
b. mempelajari tarian watak daerah
c. mempelajari lagu daerah
d. mengarang lagu bahasa daerah
e. mempelajari seni bela diri karate
Penyelesaian:

10. Tari-tarian kawasan pada dikala ini beralih fungsi untuk program . . . .
a. keagamaan
b. sesaji
c. penyambutan tamu
d. syukuran
e. perang
Penyelesaian:

11. Konflik antara buruh dan pengusaha kerap sekali naik ke pengadilan. Pemberian upah yang tidak sesuai menjadi salah satu alasan. Kasus di atas menggambarkan konflik terjadi alasannya yaitu faktor . . . .
a. perbedaan budaya
b. perbedaan kepribadian
c. perbedaan keluarga
d. perbedaan kepentingan
e. perbedaan perbedaan kasta
Penyelesaian:

12. Individu atau kelompok ini memandang bahwa pendapat atau idenya paling benar sehingga memenangkan konflik dengan cara menguasai lawan adalah jalan untuk mencapai tujuan. Hal ini merupakan pola cara menangani konflik, yaitu . . . .
a. menghindar
b. memaksakan kehendak
c. menyesuaikan keinginan orang lain
d. kolaborasi
e. tawar-menawar
Penyelesaian:

13. Berikut ini yaitu faktor yang memengaruhi cepat lambatnya proses integrasi, kecuali . . . .
a. homogenitas kelompok
b. heterogenitas kelompok
c. mobilitas geografis
d. efektivitas komunikasi
e. besar kecilnya kelompok
Penyelesaian:

14. Berikut ini yang termasuk faktor penghambat integrasi sosial yaitu . . . .
a. adanya intoleransi terhadap kebudayaan yang berbeda
b. kesempatan yang seimbang dalam bidang ekonomi
c. adanya perkawinan campur
d. adanya perilaku yang terbuka dengan golongan yang berkuasa
e. adanya persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan
Penyelesaian:

15. Integrasi sosial dalam kehidupan sanggup terwujud dengan adanya . . . .
a. tidak ada kesepahaman antarkelompok
b. konsensus bersama wacana nilai
c. masyarakat yang melanggar norma
d. nilai dan norma gres saja dicanangkan
e. kebutuhan masyarakat sulit dicukupi

Penyelesaian:



Sumber http://www.bastechinfo.com
Buat lebih berguna, kongsi: