Loading...

√ Apa Itu Robot.Txt? Cara Setting Robot.Txt Yang Benar

 kali ini saya akan memperlihatkan sebuah pengetahuan beserta cara setting perihal  √ Apa itu Robot.txt? Cara Setting Robot.txt yang Benar

      Hey sob? kali ini saya akan memperlihatkan sebuah pengetahuan beserta cara setting perihal Robot.txt yang sudah tidak abnormal lagi di indera pendengaran para blogger dan jago SEO lainnya. Apa itu Robot.txt? Seberapa penting kah robot tersebut? Robot.txt bukan menyerupai robot yang kita kenal sebelumnya, namun robot.txt ialah sebuah aliran untuk mengatur sebuah Robot-Crawl (Robot-Perayapan) tetang bagaimana cara yang diinginkan untuk merayapi sebuah halaman pada website atau blog anda. robot.txt sangat berperan penting bagi peningkatannya sebuah pengunjung dan keberhasilan dari teknik SEO yang banyak diincar orang.

      Bagi para blogger awam robot.txt mungkin tidak terpikirkan di benak mereka, blogger biasanya hanya memikirkan artikel dan pengunjung yang tiba (visitor) tanpa memikirkan bagaimana cara peng-index-an sebuah artikel mereka ke mesin pencari dengan teknik Crawl (Perayapan). Sebuah cara unik yang dilakukan oleh para mesin pencari besar menyerupai Google untuk mengetahui halaman mana saja yang perlu dijelajahi oleh robot mereka (Robot-Crawl), ketika robot perayap melaksanakan search engine dan mengunjungi halaman situs anda maka hal yang pertama dilakukan oleh Robot-Crawl ialah melihat sebuah robot.txt yang ada terdapat pada web atau blog anda.

      Sebab itu untuk meningkatkan sebuah persaingan di dunia SEO (Search Engine Optimizer) anda juga harus mengetahui perihal teknik robot.txt dan cara settingan yang benar, jangan hingga anda salah setting dan tidak ada blog anda yang pernah di rayapi oleh robot dan sepi pengunjung deh akhirnya. Oke bagi anda para pengguna platform Blogger anda bisa mensetting sebuah pilihan robot.txt semoga sanggup mengontrol bot crawl search engine untuk memilih halaman mana saja yang anda pilih untuk dirayapi.

Cara Masuk Ke Pengaturan Robot.txt pada Blogger

1. Login ke akun blogger anda.

2. Lalu masuk hidangan "Setelan" dan klik "Preferensi penulusuran".

3. Diasana terdapat pengaturan "robot.txt khusus" klik "Edit" pilih "Ya".

4. Masukan kode custom settingan robot-crawl yang dibutuhkan dan klik "Simpan Perubahan".

Masalahnya apa nih isyarat dari settingan robot-crawl yang dibutuhkan? Oke bagi anda yang belum mengtahui perihal pengaturan dari settingan robot.txt bisa simak pembahasannya berikut ini.

Dibawah ini merupakan Standar Default pengaturan Robot.txt pada Blogger. Anda bisa letakan isyarat di bawah ini di pengaturan robot.txt khusus tadi pada blog anda jikalau diinginkan.
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: http://blogsejutaumat.com/feeds/posts/default?orderby=updated

Settingan robot.txt diatas merupakan settingan standar default yang biasa dipakai Blogger, namun jikalau anda sudah merasa bisa menguasai SEO dan banyak pengunjung, pengaturan pada robot.txt sudah jangan dirubah kembali alasannya itu sanggup mempengaruhi blog anda, tapi jikalau anda beberapa isyarat yang anda sanggup tambahkan untuk kebutuhan blog anda bisa tambahkan namun tetap harus dengan mekanisme pengatahuan perihal ilmu robot.txt. Untuk lebih lengkapnya saya berikan pengaturan kostum robot yang mungkin diperlukan,

Contoh Custom robot.txt sesuai kebutuhannya
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Disallow: /p/*
Disallow: /view/*
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0
Allow: /
Sitemap: http://blogsejutaumat.com/feeds/posts/default?orderby=updated

Contoh diatas merupakan sebuah pola costum robot.txt yang sesuai dengan kebuthannya masing-masing, namun jikalau ada kebutuhan yang tidak diinginkan anda bisa hapus saja alasannya itu sanggup menggantu blog anda. Bingung dengan apa saja arti dari kalimat diatas? mari kita bahas satu persatu.
  • User-agent: Mediapartners-Google
    Disallow:
    code ini menunjunkan bahwa bot crawl di perintahkan untuk merayapi semua tampilan adsense yang terdapat pada halaman situs anda, isyarat ini sangat berkhasiat untuk merayapi semua halman blog anda dengan syarat ketentuan adsense. Anda bisa abaikan isyarat ini.

  • User-agent : *
    pada code ini berkhasiat untuk memerintahkan bot-crawl untuk merayapi seluruh halaman situs anda namun dengan ketentuan baris terpisah dari isyarat tersebut, yang dimaksudkan itu isyarat yang diterapkan sehabis isyarat user-agent.

  • Disallow: /search
    kode ini menerangkan bahwa setiap halman pencarian dalam bentuk URL tidak akan dijelajahi dan tidak diindex oleh bot-crawl. Kode ini sanggup menjadi peningkat SEO untuk anda alasannya isyarat ini menghindari adanya duplikat kontent yang sering terjadi bagi pada blogger.

  • Disallow: /p/*
    kode yang satu ini hampir sama dengan "Disallow: /search" namun perbedaanya pada isyarat ini memblokir perayapan pada halaman Laman pada blog anda. Namun jikalau anda juga ingin menindeks halaman laman anda, anda bisa hapus isyarat ini.

  • Disallow: /?m=1
    Disallow: /?m=0
    Disallow: /*?m=1
    Disallow: /*?m=0
    pada isyarat ini menerangkan bahwa perayapan pada mode mobile atau tampilah handphone tidak dirayapi bahkan tidak diindex, hal ini juga untuk menghindari sebuah terjadinya duplikat content di mesin pencari yang terkadang juga memperlihatkan hasil tampilan mobile ketika mencari dengan komputer. Jika blog anda tidak mengalami problem tersebut bisa hapus isyarat ini.

  • Allow: /
    kode ini bertujuan untuk mengizinkan sebuah terusan perayapan dan indeks pada mode Desktop atau tampilan Komputer.

  • Sitemap: http://blogsejutaumat.com/feeds/posts/default?orderby=updated
    kode ini bertujuan untuk menampilkan sebuah link sitemap blog anda.

#NB : anda bisa ganti url blogsejutaumat.com dengan url blog kalian

Untuk menguji custom robot.txt yang anda buat, anda bisa dengan gampang mengetikan url blog anda di addres kafetaria browser dan menambahkan /robot.txt di belakang url blog anda.
Contohnya :
http://blogsejutaumat.com/robots.txt

#Catatan : robot.txt bukan hanya sekedar aliran bagi robot-crawl, namun dalam pemakaian harus sangat berhati-hati alasannya jikalau anda salah dalam memakai pengaturan robot.txt dengan asal akan terjadi problem yang sangat fatal bahkan hingga bot-crawl tidak merayapi blog anda kembali, jadi anda perlu mempelajari perihal isyarat di setiap baris pada robot.txt dengan benar.

Oke cukup paham dan sanggup menambah wawasan anda perihal ilmu SEO yang satu ini kan? baiklah mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai "Apa itu Robot.txt? Cara Seting Robot.txt yang Benar" ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini sanggup bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapat gosip serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Sumber http://www.blogsejutaumat.com/
Buat lebih berguna, kongsi: