Loading...

Pengertian Metode Penelitian?


Pengertian metode penelitian telah banyak dikemukakan oleh para mahir dengan aneka macam landasan teori salah satunya yakni dari ilmuan Creswell (2014), “research methods involve the form of data collection, analisis, dan intrepretation that research proposes for the studies” metode penelitian merupakan proses aktivitas pengumpulan data, analisis dan menginterpretasi dari tujuan penelitian.





Oleh sebab itu secara umum metode penelitian merupakan cara ilmiah yang dilakukan untuk mendapat data dengan tujuan tertentu. Cara ilmiah berarti bentuk penelitian yang dilakukan dengan memakai cara-cara keilmuan yaitu rasional, empiris dan sistematis. Secara umum setiap penelitian mempunyai tujuan dan kegunaan tertentu yaitu menggambarkan, membuktikan, mengembangkan, menemukan dan menciptakan.





Penelitian yang menggambarkan yaitu mendeskripsikan apa yang terjadi dari obyek penelitian. Penelitian deskriptif dalam konteks penelitian kualitatif, kuantitatif dan kombinasi mempunyai sifat yang menggambarkan obyek penelitian.





Penelitian yang mengambarkan yang berarti data yang didapat itu dipergunakan untuk mengambarkan suatu keraguan yang diperoleh terhadap informasi, teori, kebijakan, tidakan atau produk yang ada. Penelitian yang berusaha mengambarkan secara umum biasanya memakai metode kuantitatif, contohnya efek taktik pembelajaran terhadap hasil berguru di sekolah.





Penelitian yang membuatkan yang berarti memperdalam atau menyempurnakan pengetahuan, teori, kebijakan, tidakan dan produk yang sudah ada, sehingga sanggup menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam penelitian pengembangan biasanya memakai metode Research and Development. Misalnya pengembangan materi bimbing berbasis LMS.





Penelitian yang menemukan yang berarti sesuai dengan namanya yaitu menemukan yang belum diketahui, biasanya metode yang dipakai dalam penelitian ini biasanya memakai metode penelitian kualitatif. Penelitian dengan memakai metode kualitatif biasanya lebih cocok dipakai untuk menelitih yang lebih eksplorasi disuatu daerah sehingga nanti sanggup menghasilkan temuan.





Penelitian yang membuat berarti membuat sesuatu yang sebelumnya belum ada atau belum ditemukan, dalam penelitian ini dipergunakan untuk membuat sesuatu yang belum ada atau membuatkan model gres atau alat-alat kerja baru. Penelitian dengan jenis ini biasanya mengunakan metode penelitian Research and development.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com
Buat lebih berguna, kongsi: