Loading...

√ Ciri-Ciri Teks Eksposisi Beserta Struktur Dan Penjelasannya [Lengkap]


Ciri-ciri teks eksposisi – Teks eksposisi merupakan salah satu jenis pengembangan paragraf atau artikel. Isi teks eksposisi bertujuan memberi klarifikasi dan isu pengetahuan dengan terang dan akurat. Terdapat karakteristik dan ciri-ciri teks eksposisi dari segi bahasa, penulisan, format, atau isi kandungannya.





Secara umum definisi dan pengertian teks eksposisi yaitu salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memperlihatkan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat dan padat.





Sebuah teks eksposisi biasanya mempunyai 3 bab utama, yakni tesis, argumentasi, dan penegasan ulang. Secara umum 3 struktur teks eksposisi tersebut selalu ada sebagai karakteristik utama jenis teks ini.





Bagian tesis yaitu pernyataan pendapat dari penulis, argumentasi merupakan bab yang memuat alasan-alasan untuk memperkuat argumen penulis dalam menyetujui atau menolak suatu gagasan. Sedangkan penegasan ulang bertujuan menegaskan kembali di bab penutup.





 Teks eksposisi merupakan salah satu jenis pengembangan paragraf atau artikel √ Ciri-Ciri Teks Eksposisi Beserta Struktur dan Penjelasannya [Lengkap]




Ciri-Ciri Teks Eksposisi





Ada beberapa ciri-ciri teks eksposisi, baik dari segi bahasa, kandungan isinya, serta data-data yang didapat dalam teks. Berikut merupakan beberapa karakteristik dan ciri-ciri teks eksposisi selengkapnya.





1. Menggunakan gaya bahasa persuasif





Ciri-ciri teks eksposisi yang utama yaitu menggunakan gaya bahasa yang persuasif. Artinya bahasa yang dipakai bersifat mengajak.





2. Teks Jelas dan Lugas





Teks eksposisi menggunakan bahasa yang terang dan lugas, sehingga lebih gampang dipahami oleh pembaca.





3. Menggunakan Pronomina





Ciri kebahasaan teks eksposisi yaitu menggunakan pronomina, yakni jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.





4. Berisi Informasi Pengetahuan





Isi dari teks eksposisi umumnya menjelaskan informasi-informasi tertentu, terutama wacana pengetahuan umum.





5. Isinya Menjawab Pertanyaan 5W + 1H





Umumnya isi teks eksposisi menjawab pertanyaan 5W + 1H yakni what, who, where, when, why dan how. Artinya teks ekposisi menjelaskan tanggapan dari pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana.





6. Menggunakan Bahasa Baku





Ciri-ciri teks eksposisi berikutnya yaitu menggunakan bahasa baku, yakni penulisan bahasa yang resmi dan formal.





7. Bersifat Netral





Ciri teks eksposisi berikutnya yaitu bersifat netral dan objektif. Artinya teks eksposisi tidak memihak dan bersifat netral.





8. Menyertakan Data Valid





Teks eksposisi berisi isu pengetahuan, yang buktinya disertai oleh data-data yang valid, akurat, kredibel dan sanggup dipertanggungjawabkan.





9. Menyajikan Fakta





Teks eksposisi juga menyajikan fakta-fakta ilmiah yang terjadi sebagai alat konkritasi dan kontribusi.





10. Tidak Memaksakan Kehendak pada Pembaca





Karena bersifat netral dan tidak memihak, teks eksposisi juga tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya.





11. Menggunakan Konjungsi





Ciri-ciri teks eksposisi selanjutnya yaitu menggunakan konjungsi yang bertujuan untuk memperkuat argumentasi.





12. Memakai Kata Leksikal Tertentu





Teks eksposisi menggunakan kata leksikal tertentu atau kata yang mengacu pada benda, baik konkret maupun abnormal dalam kalimat berkedudukan sebagai sebuah subjek.





Nah itulah tumpuan 10 ciri-ciri teks eksposisi dan penjelasannya, baik dari segi bahasa, penulisan, format, isi dan kandungannya. Semoga sanggup menambah wawasan dan referensi.




Sumber https://www.zonareferensi.com
Buat lebih berguna, kongsi: