Loading...

√ Benarkah Pil Kb Menyebabkan Ghnk Kering?

Beberapa jenis Pil KB menimbulkan v@gin@ kering pada penggunanya. Hal ini terjadi lantaran penggunaan pil KB sanggup memalsukan kondisi tubuh pada paruh kedua siklus menstruasi wanita. Tak hanya pil KB, sejatinya penggunaan kontrasepsi lainnya, menyerupai suntikan dan spiral juga sanggup mempunyai imbas yang sama. 


Go Dok ghnk kering merupakan salah satu warta kesehatan secual yang dialami tidak hanya oleh satu atau dua orang, melainkan jutaan perempuan setiap harinya.  Penyebabnya pun beragam, mulai dari adanya duduk kasus kesehatan, sampai kondisi psikologis, menyerupai stres dan depresi.


Nah, salah satu hal yang dikatakan sanggup menjadi penyebab v@gin@ kering ialah penggunaan pil KB. Benarkah pernyataan ini? Jika benar, tentu hal ini sanggup meresahkan para perempuan muda yang telah menikah namun memutuskan untuk menunda mempunyai buah hati.


Apa saja klarifikasi ilmiahnya? Untuk menjawab hal tersebut, mari simak klarifikasi lengkap seputar pil KB menimbulkan v@gin@ kering berikut ini!


Fakta-fakta ilmiah seputar pil KB menimbulkan v@gin@ kering


Fakta seputar pil KB menimbulkan v@gin@ kering, kondisi v@gin@ kering memang sanggup disebabkan oleh penggunaan beberapa jenis obat-obatan. Salah satunya ialah pil kontrasepsi yang dipakai banyak kaum perempuan guna mencegah kehamilan pada masa yang tidak diinginkan.


Menurut dr. Lauren Streicher, M.D., seorang dokter sekaligus penulis buku Love Sex Again, antara tiga sampai lima persen perempuan yang mengonsumsi pil pengontrol kehamilan dalam takaran rendah mengalami kondisi v@gin@ kering.


Tami Rowen, M.D., seorang obgyn di UCSF Medical Center dengan spesialisasi di bidang kesehatan secual juga menyatakan bahwa memang beberapa jenis pil KB menimbulkan v@gin@ kering pada penggunanya. Ia juga menjelaskan bahwa hal ini terjadi lantaran penggunaan pil KB sanggup memalsukan kondisi tubuh pada paruh kedua siklus menstruasi wanita.


Ini merupakan periode di mana produksi hormon progestron sangatlah secara umum dikuasai dalam tubuh, sementara produksi hormon estrogen jauh lebih rendah dibandingkan biasanya. Hasilnya, Anda akan mempunyai lebih sedikit hormon estrogen, yang berperan besar dalam melumasi v@gin@.


Lalu, apa lagi korelasi antara pil KB dan kondisi v@gin@ kering?


Penggunaan pil kontrasepsi memang diindikasikan terkait dengan nyeri pinggang kronis dan ketidaknyamanan dalam melaksanakan korelasi secual. Hal ini dikaitkan oleh fakta bahwa penggunaan pil KB sanggup menimbulkan imbas samping secual, menyerupai libido rendah, berkurangnya cairan lubrikasi pada wanita, serta rasa nyeri ketika berafiliasi secual. Ketiga hal itu merupakan ciri utama dari kondisi v@gin@ kering.


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan pil KB sanggup memicu rendahnya produksi hormon estrogen di dalam tubuh wanita. Dan lantaran estrogen merupakan hormon penting yang membantu menjaga jaringan di dalam v@gin@ Anda terlubrikasi dengan baik, maka perubahan kadar hormon estrogen ini sanggup jadi menimbulkan kondisi v@gin@ kering.


Penurunan kadar estrogen di dalam tubuh Anda sanggup mengurangi fatwa darah ke arah jaringan v@gin@, sampai menimbulkan kekeringan pada v@gin@ atau vulva Anda. Tak hanya pil KB, sejatinya penggunaan kontrasepsi lainnya, menyerupai suntikan dan spiral juga sanggup mempunyai imbas yang sama.


Apakah semua pil KB mempunyai imbas tersebut?


Jawabannya ialah tidak. Beberapa hebat medis dan dokter beropini bahwa setiap alat kontrasepsi (termasuk pil KB) mempunyai imbas yang berbeda-beda pada tiap wanita. Ada yang hanya mengalami keterlambatan menstruasi, penambahan berat tubuh secara signifikan, serta munculnya jerawat yang lebih sering dari biasanya.


Dan ada pula yang memang mengalami v@gin@ kering sebagai reaksi dari pengonsumsian pil KB. Selain itu,hal ini juga bukanlah hal yang umum terjadi. Kombinasi pemakaian pil kontrasepsi dan suntikan kontrasepsi terkadang memang sanggup menimbulkan kondisi v@gin@ kering meskipun ini sangat jarang terjadi.


Namun, bila Anda mengalami tanda-tanda v@gin@ kering tidak usang sesudah  mulai memakai pil KB, ada baiknya Anda pribadi berkonsultasi dengan dokter seorang hebat demi mendapat penanganan yang tepat.


Nah, itu ia klarifikasi lengkap wacana  pil KB sanggup menyebabkan v@gin@ kering. Semoga bermanfaat, ya!


 


Baca juga:



Kini Anda sanggup tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.


SF/JJ/MA



Referensi




Sumber https://www.go-dok.comm
Buat lebih berguna, kongsi: