Loading...

√ Apa Itu Virus Sality, Bagaimana Cara Membasminya Dari Komputer Hingga Tuntas?

Cara Membasmi Virus Sality Sampai Tuntas – Apakah ketika ini komputer atau laptop Anda kinerjanya menjadi lambat dari biasanya? Atau Anda menemukan ketaknormalan dari ukuran file tertentu, dimana ukurannya bertambah besar dari sebelumnya. Kemungkinan komputer atau laptop Anda terinfeksi Virus Sality. Secepatnya Anda meski bertindak untuk menghapus Virus Sality tersebut sebelum Virus berkembang biak menyerang seluruh sistem komputer. Anda bisa menghapus Virus Sality secara manual atau lebih mudahnya dengan cara otomatis yaitu memakai Anti Virus. Mungkin yang menjadi pertanyaan kini ialah bagaimana cara menghilangkan Virus Sality dan Anti Virus apa yang bisa membasmi Virus Sality? Disini saya akan coba membahasnya hingga tuntas.


Baca Juga : Yakin AntiVirus Yang Anda Gunakan Handal? Test Dulu Dengan 3 Cara Ini!


Apa itu Virus Sality? Virus Sality ialah virus komputer yang bisa meniru dirinya (duplikat) kemudian menyebar ke banyak sekali kegiatan komputer secara otomatis. Virus Sality tergolong virus pembangkang untuk membasminya. Jika tingkat keparahannya sudah tinggi, solusi terakhir untuk memusnahkan Virus Sality ialah dengan menginstall ulang Windows komputer. Namun itu bukan jalan satu-satunya, sebab banyak juga yang sukses membunuh Virus Sality tanpa menginstall ulang Windows.


Cara Membasmi Virus Sality Sampai Tuntas √ Apa Itu Virus Sality, Bagaimana Cara Membasminya Dari Komputer Sampai Tuntas?


Pintarnya Virus Sality ialah seringkali pengguna komputer tertipu. Pengguna komputer banyak yang tidak sadar kalau sebetulnya komputer telah terinfeksi Virus Sality. Jika dilihat sekilas, sulit untuk membedakan kondisi komputer antara yang terinfeksi Virus Sality dengan yang belum terinfeksi. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, cara gampang untuk membedakan komputer telah terinfeksi ialah dengan melihat ukuran file. Kita lihat ukuran file di komputer apakah terjadi pembengkakan ukuran dari yang sewajarnya atau tidak. Walaupun pembengkakan hanya dalam ukuran KB saja, namun itu sudah terang tandanya komputer atau laptop terserang Virus Sality.


Untuk mengecoh pengguna komputer, hebatnya lagi kalau kita menjalankan file yang terinfeksi Virus Sality akan berjalan normal menyerupai biasanya. Pengguna komputer akan dibentuk tidak sadar bahwa file yang dijalankannya sudah bercokol Virus Sality. Sulitnya lagi mengecek file sudah terinfeksi ialah Virus Sality bisa menginjeksi file yang dihinggapinya dengan ukuran file virus yang tidak seragam. Jika Virus Sality sudah bertengger di sistem komputer maka secara cepat virus akan berkembangbiak. Sangat sulit untuk menemukan induk Virus Sality, dengan begitu walaupun kita telah menghapus belum dewasa Virus Sality kalau induk virus belum ditemukan maka percuma saja.


Sangat berbahaya lagi kalau komputer yang terinfeksi dihubungkan dengan komputer lainnya, misalnya di warnet. Atau kalau kita menghubungkan media eksternal menyerupai flashdisk ke USB komputer maka dengan cepat juga Virus Sality akan bertelur.


Bagaimana Cara Mencegah Komputer Agar Tidak Terinfeksi Virus Sality?


Jika komputer Anda yakin tidak terinfeksi Virus Sality, sebaiknya segera amankan komputer dengan mencegahnya. Untuk mencegah komputer dari serangan Virus Sality caranya gampang saja. Anda bisa mengaktifkan Firewall yang sudah terbenam di operasi sistem. Selain itu Anda juga bisa memasang Anti Virus terpercaya. Hampir semua Anti Virus itu anggun untuk mencegah Virus Sality. Point yang terpenting ialah apapun Anti Virusnya, Anda meski rajin untuk mengupdate Anti Virus tersebut. Percuma komputer dipasang 5 Anti Virus, namun satupun tidak pernah diupdate. Satu Anti Virus uptodate lebih anggun daripada 10 Anti Virus yang tidak pernah diupdate-update.


Sebagai rekomendasi, Anda bisa memakai Anti Virus Microsoft Security Essentials, Anti Virus AVG, dan Anti Virus AVIRA. Ketiga Anti Virus tersebut sudah teruji kehandalannya dalam menjaga komputer dari serangan virus menyerupai Virus Sality walaupun sufatnya gratis. Untuk menghadang virus lokal, Anda bisa memakai SMADAV.


Kemudian kalau komputer Anda sudah dipasang Anti Virus terpercaya yang tentunya selalu diupdate, lakukan scanning kepada setiap media eksternal gres yang dimasukkan kedalam komputer. Misal Anda ingin copy data dari flashdisk teman, maka ketika flashdisk dihubungkan ke komputer jangan dulu dibuka atau di copy filenya, namun lakukan dulu scanning dengan Anti Virus.


Ketika berinternet atau ketika komputer dihubungkan ke internet jangan pernah mematikan Anti Virus yang sudah terpasang di komputer. Saat ini banyak proses penyebaran virus melalui media internet. Apalagi kalau Anda suka d0wnl0ad file dari internet, maka sebelum menggunakannya alangkah baiknya untuk melaksanakan scanning file dengan Anti Virus.


Cara Membasmi Virus Sality Sampai Tuntas Dari Komputer atau Laptop


Jika sudah terlanjur kalau komputer atau laptop terinfeksi Virus Sality, maka tidak ada cara lain lagi selain kita wajib membasminya hingga tuntas. Tidak gampang untuk membasmi Virus Sality. Terkadang kita meski menginstall ulang Windows semoga Virus Sality benar-benar lenyap. Jika komputer keduluan Virus Sality dibanding dengan menginstall Anti Virus, maka biasanya sulit untuk membunuh Virus Sality ini. Namun lakukan dulu hal berikut sebelum Anda memustuskan untuk menginstall ulang Windows komputer :



  1. Anda putuskan terusan internet dari komputer;

  2. Matikan fitur Autorun atau Autoplay komputer. Silakan Anda lihat cara mematikan Autorun atau Autoplay di Windows;

  3. Matikan juga segala aktifitas asing misterius yang sedang dijalankan melalui pintu Task Manager. Tekan Ctrl+Alt+Delete pada keyboard untuk masuk ke Task Manager Windows. Klik pilih seluruh kegiatan aktif misterius kemudian klik End Task;

  4. Anda masuk ke Drive yang sudah terinfeksi Virus Sality, kemudian cari file yang berjulukan inf kemudian hapus;

  5. Cari fisik Virus Sality yang bersemayam di komputer Anda. Untuk mengetahui bahwa file tersebut ialah Virus Sality ialah biasanya Virus Sality berekstensi .exe dan .pif. Jika sulit menemukan fisik Virus Sality, Anda bisa memakai Anti Virus dengan melaksanakan scanning seluruh Drive komputer. Dengan SMADAV juga kalau sekedar mengetahui Virus Sality Anda bisa menggunakannya;

  6. Jika sudah ditemukan, silakan Anda re-name virusnya dengan nama sesuka Anda. Kemudian Anda juga bisa mengubah ekstensinya menjadi .doc, .jpg, .png, .gif, dan sebagainya yang semula .exe atau .pif. Untuk mengubah dan mengetahui ekstensi file, Anda meski menghilangkan dulu centang pada Hide extensions for known file types melalui Windows Explorer > Organize > Folder and search options > View;

  7. Sekarang Anda hapus secara manual Virus Sality tersebut dan restart komputer.


Jika sudah melaksanakan 7 langkah diatas namun Virus Sality masih duduk manis di komputer Anda, maka tidak ada cara lain lagi yaitu dengan menginstall ulang Windows. Kemungkinan sistem komputer Anda sudah rusak parah ulah dari Virus Sality. Sebelum menginstall ulang Windows pastikan Anda sudah mempunyai software Sality Killer dan juga Anti Virus uptodate. Nanti sehabis selesai menginstall ulang Windows, jangan dulu menginstall program-program lainnya. Namun lakukan dulu install software Sality Killer dan Anti Virus. Kemudian Anda scanning seluruh Drive Komputer memakai dua software tersebut hingga Anda temuka induk Virus Sality.



Ok mungkin hanya itu saja artikel perihal Cara Membasmi Virus Sality Sampai Tuntas dari komputer atau laptop. Semoga dengan adanya artikel ini duduk kasus Anda bisa terselesaikan. Jangan lupa kalau Anda mempunyai pengalaman perihal pembasmian Virus Sality, bisa dishare ilmunya melalui kotak komentar. Salam sukses.



Sumber http://info-menarik.nett
Buat lebih berguna, kongsi: