Loading...

√ 4 Referensi Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Surat izin tidak masuk sekolah yaitu salah satu contoh surat yang termasuk dalam jenis surat pribadi lantaran ditulis atas nama pribadi. Surat izin ini biasanya dibentuk oleh siswa yang kebetulan mendapat halangan tertentu (contoh: sakit) sehingga tidak sanggup hadir di sekolah untuk mengikuti acara pembelajaran. Surat ini bertujuan untuk memberitahukan pihak sekolah dalam hal ini guru atau wali kelas bahwa siswa yang namanya disebutkan dalam surat tersebut mendapat halangan untuk tiba ke sekolah. Surat izin ini sangat penting  untuk ditulis semoga absensi seorang siswa sanggup diketahui oleh pihak sekolah. Sebab, kalau tanpa pemberitahuan sebelumnya, maka absensi seorang siswa di sekolah dikategorikan sebagai alpa. Tentu saja, hal ini akan sangat merugikan.

Namun, meskipun tergolong sebagai surat pribadi, penulisan surat izin tidak masuk sekolah ini berbeda dikala Anda menuliskan surat kepada teman. Perbedaan yang paling fundamental terletak pada ragam bahasa yang digunakan. Ragam bahasa yang dipakai dalam menulis surat izin ini harus memakai bahasa formal dengan kata-kata yang baku alasannya yaitu suratnya ditujukan pada instansi resmi menyerupai sekolah. Jadi, surat izin tidak masuk sekolah ini sanggup digolongkan juga ke dalam surat resmi.

Untuk menulis surat izin tidak masuk sekolah, hal-hal penting yang harus perhatikan yaitu pengirim surat, alasan menciptakan surat izin, dan tujuan surat izin tersebut.
  • Pengirim Surat: Pengirim surat berisi informasi perihal siapa yang mengirim surat izin tersebut. Biasanya, surat izin pengirimnya mencantumkan nama orangtua atau wali siswa yang memintakan izin kepada anaknya melalui surat. 
  • Alasan Surat Izin: Bagian ini menyatakan alasan yang menimbulkan mengapa sehingga siswa yang disebutkan nama dalam surat tidak sanggup hadir ke sekolah. Apakah lantaran sakit atau ada kepentingan tertentu.
  • Tujuan Surat Izin: Berisi informasi perihal kepada siapa surat izin ini ditujukan. Apakah pribadi kepada Bapak Kepala Sekolah, atau kepada wali kelas siswa yang bersangkutan.
Oleh lantaran surat izin ini digolongkan ke dalam surat resmi, maka tentu saja formatnya harus mengikuti penulisan surat resmi pada umumnya. Nah, berikut ini poin-poin penting harus ada dalam surat izin tersebut:
  • Tanggal Surat
  • Alamat Surat
  • Salam Pembuka
  • Kalimat Pembuka Surat
  • Isi Surat
  • Salam Penutup
  • Penanggung Jawab

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

 yang termasuk dalam jenis surat pribadi lantaran ditulis atas nama pribadi √ 4 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Jika adikmu atau kau sendiri tidak sanggup masuk sekolah lantaran sakit atau ada keperluan penting, sanggup kau menciptakan surat izinnya? Kita sadari bahwa untuk menciptakan surat izin tersebut tidak mudah. Artinya, kita harus mempelajari terlebih dahulu atau minimal melihat contohnya. Nah, berikut ini kami hadirkan untuk Anda beberapa pola surat izin yang sanggup dijadikan panduan untuk menciptakan surat izin tidak masuk sekolah. Terdiri dari 4 variasi pola surat izin, tinggal Anda pilih sesuai keperluan.

Contoh ke-1 Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Bogor, 4 Maret 2016
Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas
Kelas VII A MTs Ma'arif Bogor

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dengan hormat,
Dengan surat ini saya beritahukan bahwa pada hari ini adik saya yang berjulukan Muh Arsal, Kelas VII A, tidak sanggup mengikuti pelajaran sebagai mana mestinya lantaran sakit.

Demikian pemberitahuan ini saya sampaikan, semoga Bapak/Ibu sanggup memakluminya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih. Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat saya,
    Ttd
Ahmad Sanja

Contoh ke-2 Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Bogor, 5 Maret 2016
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII B
MTs Ma'arif Bogor
Dengan Hormat
Dengan ini saya orang tua/wali murid dari:

Nama: Renaldi
Siswa: Kelas VII B MTs Ma'arif Bogor
Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 34 BOgor
memberitahukan bahwa anak saya tersebut di atas tidak sanggup mengikuti pelajaran menyerupai biasa pada hari ini, Senin 8 Maret 2016 dikarenakan ada keperluan keluarga yang tidak sanggup ditinggalkan oleh anak saya. Oleh lantaran itu sudilah Bapak/Ibu guru memperlihatkan izin dan memakluminya.

Demikian surat izin ini saya buat, atas derma izin dan kecerdikan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,
Orang tua/Wali Murid
ttd
H. Daming

Contoh ke-3 Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Bogor, 9 Maret 2016
Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru
Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Bogor

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Ahmad
Tempat/Tanggal Lahir: Bogor, 7 Januari 1960
Alamat: Jl. Ahmad yani No. 34 Bogor
Atas nama orang bau tanah dari anak yang berjulukan Nurhikmah Ramadhan kelas XI IPA 2, dengan ini mohon izin kepada Bapak/Ibu Guru di Sekolah Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Bogor. Bahwasanya mulai hari Kamis tanggal 10 Maret 2016 s/d hari Sabtu tanggal 12 Maret 2016, yang bersangkutan tidak sanggup hadir untuk mengikuti pelajaran menyerupai biasanya, dikarenakan ada keperluan yang sangat penting di kampung halaman. Oleh lantaran itu kiranya Bapak/Ibu Guru sanggup memberi izin kepada anak saya tersebut.

Demikian surat izin ini dibuat, dan saya ucapkan terima kasih

Hormat Saya
Orang Tua
Ttd
Ahmad

Contoh ke-4 Surat Izin Tidak Masuk Sekolah (Bahasa Inggris)

Bogor, 19 March 2016
To: Mr. Dahlan
At: Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 BOgor

With respect,
I am parent of student named:

Name: Nurul
Class: IX E SMPN 1 Bogor
Address: Jl. Ahmad Yani, No 34 BOgor

I am going to inform you that my daughter cannot go to school and attend the class as usual today, Thursday 19th March 2016. It is because she has to go with her family. Therefore, please give her permission in a few days for not coming to school.

Thanks for the attention and permission that you have given to me
Regards,

Ahmad
Baca Juga:
Demikianlah uraian perihal 4 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, semoga bermanfaat. 

Sumber http://www.ilmusiana.com
Buat lebih berguna, kongsi: