Loading...

√ Listrik Dinamis: Pengertian, Rumus, Teladan Soal

Listrik dinamis dalam bahan ini terdiri dari pengertian, rumus, dan pola soal yang berkaitan dengan listrik dinamis. Di dingklik sekolah, bahan wacana listrik dinamis ini sanggup ditemukan dalam mata pelajaran fisika, baik itu Sekolah Menengah Pertama maupun SMA, yakni kelas 9 dan kelas X. Sebenarnya, dalam kehidupan sehari-hari kita sudah sangat erat dengan salah satu jenis listrik ini. Aktivitas menonton TV, menyalakan radio, charger handphone, dan lain sebagainya, semuanya sanggup dilakukan berkat adanya listrik dinamis. Semua barang elektronik yang kita miliki dirumah tidak akan ada fungsinya tanpa proteksi dari listrik dinamis ini. Lantas, apa yang dimaksud dengan listrik dinamis? Nah, pertanyaan inilah yang akan kami jawab melalui artikel yang sedang Anda baca ketika ini, selamat membaca.

 dalam bahan ini terdiri dari pengertian √ Listrik Dinamis: Pengertian, Rumus, Contoh Soal

Pengertian Listrik Dinamis

Jika dilihat dari istilah katanya, listrik dinamis (electrodinamic) berasal dari perpaduan kata listrik dan dinamis. Listrik ya listrik, sedang dinamis artinya berubah-ubah atau bergerak. Makara sanggup disimpulkan listrik dinamis yaitu listrik yang bergerak atau mengalir atau sering disebut dengan arus listrik. Arus listrik ini berasal dari aliran elektron yang berlangsung secara terus-menerus dari kutub negatif ke kutub positif, dari potensial tinggi ke potensial yang lebih rendah dari sumber tegangan (beda potensial). Arus listrik itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu arus bolak-balik (AC) dan arus searah (DC). Sedangkan, jumlah arus listrik yang mengalir dalam waktu tertentu disebut dengan berpengaruh arus listrik (I).

Artikel Terkait: Listrik Statis (Materi Lengkap)

Arus listrik yang mengalir tersebut dipengaruhi oleh beda potensial dan besar hambatan. Semakin besar besar nilai dari sumber tegangan, maka semakin besar pula jumlah arus yang mengalir. Tetapi, kalau hambatannya diperbesar, maka aliran arus itu akan berkurang. Kira-kira ibarat itulah yang dijelaskan dalam aturan ohm. Hukum ohm itu yaitu aturan yang menjelaskan hubungan antara berpengaruh arus listrik, sumber tegangan, dan besar hambatan. Akan kita lihat formulasinya dalam rumus dibawah.

Rumus Listrik Dinamis

Rumus-rumus yang ada dalam perhitungan listrik dinamis yaitu rumus yang berkaitan dengan besaran-besaran yang terlibat di dalamnya. Besaran-besaran tersebut terdiri dari, berpengaruh arus listrik, beda potensial, dan kendala listrik. Selain itu, dipakai juga formulasi dari aturan ohm. Berikut ini kami tampilkan satu per satu rumusnya:

Rumus Kuat Arus Listrik (I)

Kuat arus listrik disimbolkan dengan I, mempunyai satuan Ampere (A), dirumuskan:

I = Q / t

Keterangan:
  • I = berpengaruh arus listrik (A)
  • Q = jumlah muatan listrik (Coulomb)
  • t = selang waktu (s)

Rumus beda potensial atau sumber tegangan (V)

Beda potensial atau sumber tegangan disimbolkan dengan V, mempunyai satuan Volt (V), dirumuskan:

V = W / Q

Keterangan:
  • V = beda potensia atau sumber tegangan listrik (Volt)
  • W = energi (Joule)
  • Q = muatan (Coulomb)

Rumus kendala listrik (R)

Hambatan atau resistor disimbolkan dengan R, mempunyai satuan ohm, dirumuskan:

R = ρ . l / A

Keterangan:
  • R = kendala listrik (ohm)
  • ρ = kendala jenis (ohm.mm2/m)
  • A = luas penampang kawat (m2)

Rumus aturan ohm

Hukum ohm yaitu aturan yang menghubungkan antara berpengaruh arus listrik, beda potensial, dan hambatan. Rumus aturan ohm:

I = V / R atau R = V / I, atau V = I . R

Keterangan simbolnya baca pada keterangan simbol rumus sebelumnya.

Contoh Soal

Berikut ini yaitu soal-soal yang berafiliasi dengan listrik dinamis:
Kuat arus di dalam sepotong kawat penghantar yaitu 10 A. Berapa menit waktu yang diharapkan oleh muatan sebesar 4.800 coulomb untuk mengalir melalui penampang tersebut?
Jawaban:
Diketahui:
I = 10 A
Q = 4.800 coulomb
Ditanyakan:
t...?
Penyelesaian:
I = Q / t
t = Q / I = 4.800 C / 10 A = 480 s atau 8 menit.
Sepotong kawat dihubungkan pada beda potensial 6 V. Jika berpengaruh arus yang melalui kawat tersebut 2 A, berapakah kendala kawat tersebut?
Jawaban:
Diketahui:
V = 6 Volt
I = 2 A
Ditanyakatan:
R....?
Penyelesaian:
I = V / R
R = V / I = 6 V / 2 A = 3 Ohm.
Sekian uraian wacana Listrik Dinamis: Pengertian, Rumus, Contoh Soal, biar bermanfaat.

Sumber http://www.ilmusiana.com
Buat lebih berguna, kongsi: