Loading...

√ Cara Menciptakan Form Login Register Penulis Tamu Di Wordpress

Cara Membuat Form Login & Register – Karena alasan kesibukan menulis artikel, maka terkadang kita membutuhkan orang lain untuk bersedia menjadi penulis tamu di blog kita. Selain alasan kesibukan, alasannya yaitu lainnya blog kita mendapatkan guest post mungkin memiliki maksud lain menyerupai dalam rangka mempromosikan blog, membagi-bagi backlink dofollow, dan sebagainya.



Baca Juga : Cara Membuat Halaman Penulis Tamu Blog Di WordPress



Jika blog WordPress kita berniat ingin mendapatkan penulis tamu selain menciptakan halaman khusus penulis tamu untuk menulis artikel sendiri, disarankan juga membuat form login dan register. Karena jikalau kita tidak menciptakan form ini. orang lain yang hendak menulis artikel di blog kita akan kesulitan. Mereka tidak akan sanggup menulis artikel pribadi di blog jikalau mereka tidak memiliki hak kanal login di blog kita. Nah untuk memfasilitasi hal tersebut, kita wajib menyediakan form login dan register.


Contohnya jikalau kita ingin menulis atau mengirim artikel di forum-forum, maka kitapun tidak sanggup pribadi begitu saja diperbolehkan menulis artikel. Sebelumnya kita meski melaksanakan registrasi (register) terlebih dahulu. Setelah akun kita disetujui oleh admin, maka kita memiliki hak kanal login dan selanjutnya kita sanggup menulis artikel di lembaga tersebut.


Nah disinipun posisi kita seperti admin lembaga menyerupai yang telah dicontohkan diatas. Kita menyediakan kemudahan login dan register bagi mereka yang ingin menjadi penulis tamu di blog yang kita kelola.


Berikut Cara Praktis Membuat Form Login & Register Di Blog WordPress


Untuk hal kebutuhan menciptakan form login di WordPress, kita sanggup memakai plugin. Sebenarnya tanpa plugin juga kita sanggup melakukannya. Namun untuk menghemat waktu dan tidak semua orang paham dengan koding, langkah praktisnya gunakanlah plugin.


Banyak plugin WordPress yang sanggup kita gunakan untuk menciptakan form login dan register. Salah satu diantaranya yang sering dipakai oleh WordPresser populer yaitu plugin Theme My Login.


 Karena alasan kesibukan menulis artikel √ Cara Membuat Form Login  Register Penulis Tamu Di WordPress


Plugin ini sanggup kita nikmati secara gratis dan untuk mencobanya kita meski d0wnl0ad terlebih dahulu plugin Theme My Login.


Tidak banyak cara yang harus kita setting dari plugin ini dan sesudah kita sukses d0wnl0ad dan install plugin Theme My Login, nanti di dashboard WordPress akan bertambah sebuah submenu gres dengan nama TML. Anda klik submenu tersebut untuk melaksanakan pengaturan lebih lanjut lagi.


Disana terdapat tab General dan kita harus mencentang Enable “theme-my-login.css”. Hal ini semoga semua field atau form login dan register settingan css-nya akan mengikuti style css tema yang kita gunakan.


Kita juga sanggup memilih Login Type dengan disediakan tiga pilihan, Username only, E-mail only, dan Username or E-mail. Disini saya pilih opsi ketiga saja yaitu Username or E-mail.


Dibawahnya terdapat settingan Modules. Disini kita sanggup menambah submenu-submenu gres dari TML. Jika kita mencentangnya semua kotak yang ada pada tab Modules, maka secara otomatis dikala di Save dibawah hidangan TML akan bertambah submenu yang sesuai dengan yang kita pilih. Disini diantaranya kita sanggup mengaktifkan reCAPTCHA dan lain-lain. Untuk pengaturan lebih lanjut sesudah mencentang pada tab Modoles, kita harus melaksanakan pengaturan lagi pada submenu yang kita tentukan.


Setelah kita final melaksanakan pengaturan khusus pada hidangan TML, nanti pada hidangan Pages akan bertambah secara otomatis link-link halaman baru. Halaman-halaman gres ini fungsinya untuk keperluan Form Login yang kedepannya akan kita butuhkan.


Halaman gres tersebut yaitu Log in (halaman masuk), Log out (halaman keluar), Lost Password (halaman kehilangan kata sandi), Register (halaman daftar), Reset Password (halaman merubah kata sandi), dan Your Profile (halaman tampilan profil).


Selanjutnya Anda juga sanggup menampilkan Form Login & Register di Sidebar WordPress. Hal ini untuk lebih memudahkan lagi pengunjung dikala ingin login atau register di blog kita. Karena nanti Form Login & Register akan terlihat terang di Sidebar.


Untuk menampilkan Form Login & Register di Sidebar, kita sanggup melakukannya di hidangan Appearance > Widgets. Temukan Theme My Login dan pindahkan (drop & drag) ke posisi sidebar yang kita inginkan.


Disini juga kita sanggup nenentukan pengaturan tampilan Form Login & Register Sidebar nanti. Kita sanggup memilih yang akan menjadi tampilan secara default nanti apakah Login, Lost Password, atau Reset Password. Dan juga kita bebas mengatur tampilan lainnya menyerupai ingin menambahkan foto Gravatar dan yang lainnya.


Sekarang Anda sudah memiliki Form Login & Register untuk mereka yang berniat menjadi penulis tamu (guest post) di WordPress kita. Selamat mencoba tutorial Cara Membuat Form Login & Register Penulis Tamu Di WordPress. Semoga sukses dan ada manfa’atnya.



Sumber http://info-menarik.nett
Buat lebih berguna, kongsi: