Loading...

Mengerikannya Banjir Bandang Di Makassar, Rumahpun Ikutan Hanyut

Mengawali animo penghujan di tahun 2019 ini, banyak sekali wilayah di Indonesia didera hujan berkepanjangan dengan curah hujan yang tinggi dan cukup lama. Bahkan di beberapa wilayah di tanah air mengalami tragedi jawaban curah hujan yang tinggi tersebut.


Seperti di Makassar, dimana hujan sehari semalam yang disertai angin puting-beliung menjadikan terjadinya banjir bandang. Banjir ini mengakibatkan banyak sekali macam kerusakan menyerupai jembatan dan sejumlah rumah warga yang terseret oleh arus deras dari anutan Sungai Janeberang. Dengan tingginya curah hujan yang terjadi kemarin, ratusan rumah warga di banyak sekali wilayan di kota Makassar terendam banjir. Saking tingginya genangan air yang terjadi, menciptakan sebagian warga harus mengungsi ke rumah keluarganya yang tidak terendam banjir.


Selain jawaban curah hujan yang begitu deras, air kiriman dari pegunungan Bawakaraeng yang mengalir di sungai-sungai enam kabupaten ini juga ikutan meluap. Dengan adanya hal tersebut, sebuah jembatan yang berdekatan dengan bendungan Bili-bili di kabupaten Gowa pun ikutan ambruk jawaban terbawa derasnya arus sungai Janeberang yang airnya berasal dari pegunungan Bawakaraeng.


Curah hujan yang tinggi mengakibatkan volume air di Bendungan Bili-bili di Kabupaten Gowa semakin meningkat. Karena hal tersebut, pintu air pun terpaksa dibuka untuk mencegah jebolnya bendungan tersebut. Namun sayangnya, hal ini mengakibatkan volume air yang ada di suangai Jeneberang semakin tinggi. dan merendam rumah warga sekitar.




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:250px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3892123021"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



Dikutip dari Tribunnews.coom, hingga ketika ini dilaporkan belum ada korban jiwa dalam insiden ini. Untuk di kawasan di kabupaten Gowa bahkan dilaporkan banyak rumah yang terendam banjir setinggi dada orang dewasa. Bahkan dalam sebuah rekaman video nampak salah satu rumah yang terbuat dari kayu di Makassar berada di tepi Janeberang karena hanyut terbawa arus.


Berikut ini ialah video kondisi keadaan kota Makassar ketika mengalami banjir Bandang dimana terdapat banyak rumah yang tergenang banjir, jembatan rusak hingga rumah yang hanyut jawaban banjir.





Selain di Gowa, 5 kabupaten lainnya yang dilanda banjir ialah Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Jeneponto, Sopeng dan Makassar. Menurut data yang didapat dari dinas sosial provinsi Sulawesi Selatan hingga hari Rabu ini, setidaknya ada 2.121 warga di kabupaten Gowa yang mengungsi. Sedangkan untuk di kota Makassar, setidaknya ada 1.000 orang warga yang juga ikut mengungsi.





class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:600px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3133381919"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



Sumber http://blogunik.com
Buat lebih berguna, kongsi: