Loading...

Pilih Mana Kerja Freelance Atau Kantoran?

Jaman kini ini mencari pekerjaan memang susah-susah gampang. Ada aneka macam jenis pekerjaan yang ada didunia ini namun secara umumnya sanggup dibagi menjadi 2 kategori yakni pekerjaan kantoran dan pekerjaan lepasan alias freelance. 2 kategori pekerjaan tersebut sama-sama baik asalkan tidak melanggar hukum. Baik kerja freelance maupun kantoran punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Buat kalian yang masih galau mau cari kerja dimana? Berikut kelebihan dan kekurangan antara kerja kantoran dan kerja freelance.


Kelebihan Kerja Freelance


1. Tak terikat waktu dan kawasan kerja


Jaman kini ini mencari pekerjaan memang susah Pilih Mana Kerja Freelance Atau Kantoran?


photo via : http://revistacinematografica.com


Kelebihan pertama kerja lepasan atau kerennya disebut freelance itu ialah tak terikat waktu dan tempat. Walaupun mereka tetap bekerja, namun mereka bebas menentukan dimana dan kapan ia akan bekerja, mau itu dirumah ataupun di kafe. Asalkan deadline masih dipatuhi, kau sanggup bersantai sepanjang hari dan berkerja di malam hari kalau mau.


2. Potensi penghasilan sanggup lebih tinggi dari pekerja kantoran


Namanya saja freelance, jadi penghasilan mereka tak menentu. Jika mereka sanggup mengerjakan banyak proyek, maka penghasilan mereka akan banyak juga, begitupun sebaliknya kalau mereka mengerjakan proyek yang minim maka penghasilan mereka juga akan minim. Makara intinya, orang yang bekerja freelance kemungkinan sanggup menghasilkan lebih banyak uang dan sanggup juga lebih sedikit dari pada orang yang bekerja dikantor setiap bulannya.


Contohnya, ketika freelancer menuntaskan 3 website dalam sebulan akan mendapat pendapatan penuh sesuai dengan nilai kontrak yang disepakati, namun berbeda dengan pekerja kantoran yang walaupun menuntaskan 4 website dalam sebulan akan digaji tetap untuk satu bulan.


3. Bisa bekerja di beberapa perusahan sekaligus


Jaman kini ini mencari pekerjaan memang susah Pilih Mana Kerja Freelance Atau Kantoran?


photo via : www.trustradius.com




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:600px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3133381919"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



Menjadi freelancer tidak terikat penuh dengan satu perusahaan, dengan demikian pekerja freelance sanggup bekerja dengan beberapa perusahaan secara bersamaan. Hal ini menjadi laba sebab sanggup berkenalan dan berteman dengan banyak orang dari aneka macam perusahaan, ada backup kalau salah satu perusahaan sedang tidak memperlihatkan pekerjaan.


4. Dapat membuka peluang karir baru


Dengan menjadi seorang freelancer kau akan bertemu dengan banyak orang, terutama klien yang berbeda-beda. Pertemuan dengan orang-orang gres tersebut sanggup membuka banyak peluang untuk mendapat pekerjaan dan memulai karir gres yang mungkin tidak kau pikirkan sebelumnya. Apalagi kalau keahlian sudah terasah dengan tajam ketika menjadi pekerja freelance.


5. Lahan pekerjaan untuk freelancer banyak tersedia diinternet


Saat ini hampir semua isu sanggup kita dapatkan dari internet, termasuk isu lowongan pekerjaan bagi freelancer, aneka macam situs khusus sudah diciptakan untuk para freelancer dan orang yang membutuhkan tenaga kerja lepas semoga lebih simpel dalam mencari pekerjaan.


6. Punya banyak waktu untuk keluarga


Jaman kini ini mencari pekerjaan memang susah Pilih Mana Kerja Freelance Atau Kantoran?


photo via : successfulfreelancemom.com


Menjadi freelancer yang punya kebebasan waktu dan kawasan dalam bekerja, mereka lebih sanggup mengatur waktunya untuk berkumpul dengan keluarga dijam-jam tertentu.


Kekurangan Kerja Freelance


1. Gangguan-gangguan kerap muncul


Jaman kini ini mencari pekerjaan memang susah Pilih Mana Kerja Freelance Atau Kantoran?


photo via : bethkobliner.com


Bagi para freelancer yang sudah berkeluarga apalagi telah mempunyai belum dewasa yang masih kecil, tentunya kalian tak akan pernah sanggup bekerja dalam tenang kalau berada dirumah. Gangguan-gangguan kecil dari belum dewasa niscaya merecoki pekerjaan kalian dengan tingkah polahnya. Hal tersebut niscaya mengganggu konsentrasi kalian, jadi untuk menyiasatinya kau harus berakal dalam menentukan ruang kerja dirumah semoga tidak terganggu.


2. Kerja freelance tak pernah usai


Bagi freelancer yang sedang mengerjakan banyak proyek pekerjaan, maka tak sanggup dipungkiri kalau mereka akan sulit untuk memisahkan mana waktu kerja mana waktu istirahat, tidak adanya disiplin kerja ibarat di kantor yang masuk jam 8 pulang jam 5, menciptakan pekerja freelance sering kali merasa bekerja 24 jam, hal tersebut menciptakan seolah pekerjaan tidak pernah ada habisnya.


3. Tidak ada pinjaman kesehatan, pinjaman hari raya dan bonus ibarat dikantor


Sebagian kantor biasanya memperlihatkan aneka macam pinjaman ibarat asuransi kesehatan, pinjaman hari raya, atau bonus lainnya hingga uang lembur. Namun orang yang bekerja freelance tak mendapat itu semua. Yang kemungkinan mereka dapatkan hanya bonus dari klien kalau pekerjaan mereka memuaskan.


4. Menjadikan seseorang tidak disiplin dan mendapat duduk masalah kesehatan


Bekerja tanpa waktu yang niscaya menciptakan sebagian besar pekerja freelance menjadi sulit mengatur waktu. Kurang disiplin menimbulkan kehidupan freelancer jadi semau-maunya. Terkadang berdiri siang, tidur larut malam, lupa makan dan duduk masalah indisipliner lainnya yang sanggup berujung pada kesehatan.


5. Masalah Stabilitas


Meskipun kerja sebagai freelance sanggup mendapat penghasilan yang lebih besar dibanding pekerja kantoran, namun sebagian besar freelancer menganggap bahwa pekerjaan mereka kurang kondusif dibanding profesi kantoran.


6. Sering menghadapi masa peceklik


Jaman kini ini mencari pekerjaan memang susah Pilih Mana Kerja Freelance Atau Kantoran?




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:250px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3892123021"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



photo via : www.creativeboom.com


Kelemahan menjadi frelancer selanjutnya ialah mereka tak selamanya selalu mendapat klien. Terkadang ada saja masa peceklik dimana sangat sulit untuk mendapat klien, sehingga harus putar otak untuk mendapat solusi dari pekerjaan lainnya. Hal ini merupakan salah satu tantangan besar bagi seorang freelancer untuk sanggup konsisten mendapat klien.


7. Kadang bertemu klien buruk


Tak selamanya seorang freelancer itu mendapat klien yang baik dan yang selalu puas dengan pekerjaannya. Pasalnya adakalanya para freelancer ini mendapat klien yang jelek dimana mereka tak pernah puas dengan apa yang dikerjakan oleh para freelancer ini. Bahkan parahnya kemungkinan mereka tak dibayar sangat besar kalau menghadapi klien yang buruk.



Kelebihan Kerja Kantoran


1. Memiliki penghasilan tetap setiap bulan


Setiap orang niscaya mempunyai kebutuhanm apalagi kalau sudah berkeluarga jadi kebutuhan baik pangan ataupun kebutuhan setiap bulannya haruslah terpenuhi. Maka dari itu banyak orang yang menentukan untuk bekerja di kantoran sebab setiap bulan mendapat honor untuk sanggup dipakai memenuhi kebutuhan. Bahkan honor tiap bulannya sanggup meningkat kalau kita mendapat bonus ataupun uang lembur.


2. Jenjang karir


Jaman kini ini mencari pekerjaan memang susah Pilih Mana Kerja Freelance Atau Kantoran?


photo via : www.savoystewart.co.uk


Orang-orang yang bekerja dikantoran biasanya mempunyai jenjang karir yang harus dicapai. Jika kita bekerja dengan baik dan mempunyai reputasi yang anggun atas kinerja kita, sudah niscaya kita akan mendapat promosi jabatan untuk menduduki posisi jabatan yang lebih baik dan berdampak dengan penghasilan pastinya.


3. Mendapat pinjaman kesehatan, pinjaman hari raya dan bonus


Perusahaan yang mempunyai laba besar, niscaya akan memperlihatkan bonus bagi karyawan semoga semakin termotivasi untuk bekerja lebih baik demi kemajuan perusahaan. Perusaahan yang baik juga pastinya memperlihatkan kemudahan bagi karyawannya berupa pinjaman kesehatan dan juga pinjaman hari raya sebagai bentuk kepedulian perusahaan pada karyawannya.


4. Gangguan konsentrasi sangat minim


Jaman kini ini mencari pekerjaan memang susah Pilih Mana Kerja Freelance Atau Kantoran?


photo via : www.abc.net.au


Tak ibarat freelancer yang ketika bekerja sangat besar kemungkinan mengalami gangguan dari kawasan bekerja, maka pegawai kantor sangat minim mendapat gangguan. Hal ini sebab pegawai kantoran telah disediakan kawasan bekerja yang nyaman. Saat waktu bekerja, semua pegawai akan berkonsentrasi dengan pekerjaannya sehingga sangat minim kalau ada orang yang mengganggu pekerjaan kalian. Selain itu, pekerja kantoran juga disediakan kemudahan lengkap standar kantor ibarat AC, full internet, komputer yang canggih dan ruang istirahat.


5. Lebih produktif


Keuntungan menjadi karyawan kantoran lainnya ialah kau cenderung lebih produktif. Karyawan kantoran mempunyai jam kerja tetap. Meskipun ada beberapa kantor yang membebaskan jam masuk dan pulang kerja, karyawan kantoran tetap berkewajiban untuk bekerja selama 7 hingga 9 jam sehari. Dengan begitu, karyawan kantoran harus mempunyai administrasi waktu yang baik sehingga pekerjaan sanggup diselesaikan di waktu kerja.


Kekurangan kerja kantoran


1. Cepat jenuh


Jaman kini ini mencari pekerjaan memang susah Pilih Mana Kerja Freelance Atau Kantoran?


photo via : flipboard.com


Bagi pegawai kantoran niscaya pernah mencicipi jenuh dengan rutinitas pekerjaan mereka tiap harinya. Berangkat jam 8 pulang jam 5 atau bahkan jam 6 sore hanya untuk menuntaskan pekerjaan yang jenisnya sama dan menatap layar komputer sepanjang jam kerja. Rutinitas tersebut juga berlangsung selama hari kerja, dari senin-jumat, terus menerus. Tak heran kalau pekerja kantoran merasa vosan dan jenuh dengan aktivitas mereka.


2. Kena tegur atasan


Menjadi pegawai kantoran yang mana tiap bulannya harus memperlihatkan laporan rutin ataupun memperlihatkan hasil sasaran tiap bulan ke atasan, bukan tak mungkin pernah mendapat teguran dari atasan. Menjadi hal yang masuk akal bagi pegawai kantoran mendapat teguran dari atasan ketika pekerjaan mereka tak seseuai dengan kemauan atasan.


3. Gangguan kesehatan


Jaman kini ini mencari pekerjaan memang susah Pilih Mana Kerja Freelance Atau Kantoran?


photo via : www.euyansang.com.sg


Duduk dan bekerja di depan komputer/laptop sanggup menjadi ancaman yang tidak disadari. Apalagi, kalau kau duduk hampir 8 jam sehari selama 5 hingga 6 hari kerja. Menurut penelitian, duduk terlalu usang sanggup meningkatkan risiko gangguan kesehatan, ibarat kanker, diabetes, hingga penyakit jantung. Belum lagi, kau akan mengalami gangguan persendian pada tulang kalau tidak aktif bergerak jawaban terlalu usang duduk.


Nah itulah beberapa poin dari sisi baik dan sisi jelek dari pekerjaan kantoran dan pekerjaan frenlance. Buat kalian yang ingin mencari pekerjaan, info ini sanggup menjadi refrensi buat kalian dalam menentukan jenis pekerjaan apa yang cocok untuk diri kalian. Pasalnya semua pekerjaan sama-sama mempunyai sisi baik dan buruk. Makara pilihannya tetap pada diri kalian sendiri dengan mempertimbangkan banyak hal, termasuk poin-poin yang sudah kita bahas diatas. Semoga bermanfaat ya guys!



Sumber http://blogunik.com
Buat lebih berguna, kongsi: