Loading...

√ Perawatan Anakan Cempe Yang Baik Dan Benar

Perawatan cempe yang baik dan benar

halo mitra kawan semuanya, kali ini mas ely akan share bagaimana Perawatan cempe yang baik dan benar. cempe yakni anak kambing atau domba, Kelahiran cempe merupakan dikala yang dinantikan oleh peternak. Kelahiran ini merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi peternak kambing domba sebab terbayang berapa laba yang akan didapat hehehe.
 Namun, perlu diperhatikan dalam perawatan cempe sesudah dilahirkan sebab penanganan yang salah justru akan menciptakan cempe tidak sanggup bertahan lama. Oleh sebab itu, disini saya akan mencoba sedikit membahas hal – hal yang terkait dengan Perawatan pada anakan cempe.


 kali ini mas ely akan share bagaimana Perawatan cempe yang baik dan benar √ Perawatan anakan cempe yang baik dan benar
perawatan pada anakan cempe

Perawatan Saat Cempe Lahir

 1. Setelah cempe lahir, segera sisihkan dari induk (menghindari cempe terinjak). Lap cuilan mulut, hidung dan mata serta tubuh dengan handuk higienis dan kering. Kemudian biarkan induk menjilati anaknya 
 kali ini mas ely akan share bagaimana Perawatan cempe yang baik dan benar √ Perawatan anakan cempe yang baik dan benar
Perawatan Saat Cempe Lahir yang benar

2. Potong tali pusar dengan alat yang steril dan higenis Beri antiseptic/alcohol/betadine yang berfungsi untuk menghindari lalat juga mencegah tetanus.
 3. Pastikan cempe pribadi menyusu ke induk untuk mendapat kolostrum. Fungsi kolostrum untuk kekebalan tubuh cempe.
 4. Pisahkan cempe dengan induk supaya tidak terinjak dan juga anak masih belum tegak bangun selama 7 hari (kecuali kalau akan menyusu).
 5. Usahakan cempe menyusu pada induk 1 hari 4-5 kali (sebisanya dan bukan menjadi patokan) dengan syarat perlu diawasi supaya semua cempe mendapat porsi dan waktu yang sama.
 6. Perhatikan kondisi kandang. Kendang harus nyaman, diberi bantalan kendang, tidak terlalu cuek dikala malam dan cahaya matahari masih sanggup masuk dikala pagi.
7. Kesehatan indukan juga perlu diperhatikan, supaya sanggup maksimal dalam merawat anaknya dan kebutuhan nutrisinya tercukupi pasca melahirkan yaitu sanggup dengan pinjaman pakan nutrisi tinggi dan juga pinjaman SOC. Fungsi SOC untuk membantu PENYERAPAN NUTRISI dari pakan, sehingga meningkatkan PRODUKSI SUSU pada indukan, serta meningkatkan DAYA TAHAN tubuh indukan. Jadi, produksi susu yang dihasilkan untuk anakan menjadi LEBIH BAIK.

 Perawatan Saat Cempe Lepas Sapih

 1. Untuk cempe yang sehat, proses lepas sapih sanggup dilakukan sekitar UMUR 1 BULAN.
 kali ini mas ely akan share bagaimana Perawatan cempe yang baik dan benar √ Perawatan anakan cempe yang baik dan benar
 Perawatan Saat Cempe Lepas Sapih yang benar
 2. Pemberian SUSU PENGGANTI sudah dianjurkan. Susu pengganti sanggup berupa susu sapi segar, atau susu abu khusus anakan yang banyak dijual di pasaran. Pemberian ini merupakan proses pembiasaan dari cempe sesudah lepas dari induk dan tidak menyusu ke induk.
3. Pakan selain susu yang sanggup diberikan yaitu HIJAUAN, KONSENTRAT, OBAT CACING DAN SOC.
4. HIJAUAN yang diberikan cukup sedikit saja, untuk merangsang kerja rumen supaya terbiasa dengan pakan berserat. Semakin bertambah umur sanggup ditambah juga porsi hijauannya.
5. KONSENTRAT yang sanggup diberikan yaitu comboran dari ampas tahu dengan katul. Bisa dengan formula yang lainnya.
6. Pemberian OBAT CACING sanggup diberikan sesudah cempe lepas sapih untuk menghindari cacingan yang sanggup menjadikan cempe diare dan pertambahan bobot tubuh tidak maksimal. 7. Fungsi SOC ini untuk meningkatkan DAYA TAHAN tubuh anakan sehingga terhindar dari paparan PENYAKIT.

  Perawatan Cempe Yang Tidak Dirawat Indukan

1. Setelah cempe lahir, segera SISIHKAN dari induk (menghindari cempe terinjak). Lap cuilan mulut, hidung dan mata serta tubuh dengan handuk higienis dan kering.
2. Potong tali pusar dengan alat yang STERIL & HIGENIS. Beri antiseptic/alcohol/betadine yang berfungsi untuk menghindari lalat juga mencegah tetanus.
3. Jika induk masih ada tapi tidak mau menyusui, sanggup dengan cara induk DIPEGANG/DIIKAT kemudian pegangi cempe untuk menyusu ke induk supaya mendapat kolostrum.  Bisa juga dengan memeras kolostrum dari induk kemudian dimasukkan ke dalam dot dan disusukan ke cempe.
4. Jika induk sudah tidak ada, kolostrum sanggup didapatkan dari INDUKAN LAIN. Bisa menyusui pribadi ataupun melalui dot.
5. Untuk konsumsi susu pada cempe, lebih disarankan dari susu induknya dibanding susu pengganti. Bila induk tidak ada, sanggup dicarikan dari indukan lain yang memproduksi susu. Jika tidak ada indukan lain sanggup dengan susu pengganti.
 kali ini mas ely akan share bagaimana Perawatan cempe yang baik dan benar √ Perawatan anakan cempe yang baik dan benar
 Perawatan cempe tanpa indukan yang benar
6. Pemberian susu pengganti sebaiknya SEDIKIT-SEDIKIT saja tetapi SERING. Pemberian terlalu banyak dalam sekali minum akan mengakibatkan diare yang sanggup berujung kematian.
7. Cempe harus diletakkan di daerah khusus sanggup box plastic atau kayu. Hal ini juga mempermudah dalam proses perawatan cempe. 8. Hal ini dilakukan hingga cempe sanggup hidup mandiri, sekitar umur 1-2 bulan. Pada umur tersebut cempe akan diperkenalkan pakan penguat dan hijauan. Dapat juga diberikan obat cacing.
Sumber http://www.elysetiawan.com
Buat lebih berguna, kongsi: