Bagaimana menentukan metode mengajar yang efektif dan efisien?, sebelum membahas mengenai bentuk penggunaan methode pembelajaran yang efektif dan effesien, terlebih dahulu kita pahami dulu apa itu methode pembelajaran. Methode pembelajaran ialah mencakup cara atapun tehnik tertentu yang dipakai didalam melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas dengan tujuan untuk memudahkan penerima didik dalam memahami meteri asuh yang disampaikan.
![]() |
menentukan metode mengajar yang efektif dan efisien |
Seorang guru yang sukses, mereka harus tahu bagaimana menentukan kiat yang manis dan efektif dalaam menentukan dan menentukan metode pembelajaran semoga penerima didiknya akan termotivasi dengan sendirinya dalam mengikuti proses pembelajaran yang disampaikan. Kita tahu bersama-sama motivasi merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan sukses tidaknya sasaran pembelajaran yang telah seorang guru tentukan. Motivasi baik secara intrinsik dan extrinsik merupakan sebuah faktor pemain drama yang sangat menentukan untuk mencapai ketuntasan pembelajaran pada setiap jenis unit pendidikan baik di-tingkat pendidikkan dasar maupun pada tingkat pendidikan menengah. Untuk sanggup meningkatkan memotivasi penerima didik, seorang pendidik pendidik harus bisa untuk menyediakan sajian meteri yang sanggup menimbulkan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dalam kelas.
Di sini saya hanya akan membuktikan sedikit citra dalam menentukan methode pembelajaran yang sangat effesien untuk diterapkan di dalam kelas. Dewasa ini berbagai jenis pembelajaran yang telah dikemukan oleh para hebat dibidang masing-masing. Namun sebagai seorang guru yang profesional kita harus jeli dalam menentukan dari kesemuaan methode tersebut yang sesuai dengan lingkungan dan referensi hidup anak didik kita disamping juga kelengkapan media pembelajaran yang ada disekolah kita.
Ada bermacam-macam jenis teori methode pembelajaran yang paling umum kita dapati dalam sebuah seminar ataupun dalam kegiatan pembekalan guru, diantaranya adalah: saintifik eksperimen, proyek, pemecahan masalah, demonstrasi, dicovery dalan lain sebagainyan. Dari kesemuan mathode yang ada ia atas sebenarnya mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing. Maksud kelemahan dan kelebihan masing-lasing itu ialah bukan kelemahan dari methode tersebut, namun kelemahan dan kelebihan itu timbul hanya pada penerapannya saja, contohnya salah satu methode diatas sangat manis dan cocok diterapkan di sekolah yang mempunyai kemudahan yang lengkap dan siswa mereka rata-rata mempunyai kemampuan yang bagus, maka belum tententu methode tersebut bisa cocok dan sesuai kalau diterapkan disekolah yang tidak mempunyai kemudahan yang memadai dan siswa nya mempunyai minat dan motivasi yang lemah dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas.
Jadi disinilah seorang guru ditantang untuk bisa sanggup menerapkan methode tersebut baik dengan cara memodifikasi ataupun mengabungkan sebagian dari tiga atau dua jenis methode menjadi satu dengan tujuan sanggup meningkatkan motivasi siswa dalam belajaran. Adapaun yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam menentukan dan menerapkan methode pembelajaran tersebut semoga kelihatan menarik ialah dengan melaksanakan penilaan yang mendalami terhadap hal hal berikut:
1. Kenali Karakter penerima didik
Setiap penerima didik tentu saja mempunyai karakteryang berbeda baik dalam tingkah laris ataupun referensi hidup mereka, jadi disini seorang pendidik harus bisa memahami bagaimanan huruf dasar yang ada pada anak didiknya terutama dalam hal referensi pikir mereka. dengan memahami tingkatan referensi pikir mereka kita maka pendidik akan bisa menetukan jenis methode dan ukuran tingkatan bahan asuh yang cocok dan sesuai dengan tingkatan referensi pikir siswanya.
2. Pengeloaan kelas
Salah satu cara semoga sorang guru nyaman dan siswa fokus dalam menikuti proses pebelajaran ialah dengan membuat suasana yang aman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Disini seorang pendidik harus paham betul bagaimana methode yang cocok semoga kelas tetap fokus dan kondusif. Misalnya dalam penggunaan methode berbentuk game, guru harus sangat bijak sekali dalam menentukan dan menentukan kiat-kiat yang sesuai dengan keadaan siswa, contohnya kebanyakan dari siswa dikelas tersebut suka bermain-main, maka pendidik harus bisa membuat kiat permainan game yang sanggup meningkatkan motivasi mereka dalam melaksanakan permainan tersebut sebagai salah satu bentuk penggunaan metode pembelajaran, buka untuk membuat peluang nagi siswa untuk bermain-main.
3. Struktur dan Muatan kurikulum
Struktur dan muatan kurikulum merupakan hal yang harus sangat diperhatikan oleh seorang pendidik, alasannya seorang pendidik dilarang memperlihatkan bahan asuh secara bebas tanpa merujuk kepada standar pendidikan yang telah ditentukan. Kaprikornus dalam setiap perumusan tujuan pembelajaran, seorang pendidik harus sanggup menentukan mathode yang sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut dengan tujuan untuk sanggup mencapai ketuntasan pembelajaran ibarat yang dikendaki oleh kurikulum pembelajaran.
4. Profesionalisme Pendidik.
Guru yang profesional ialah guru yang bisa berinovasi dalam memjawab semua permasalahan pembelajaran di dalam kelas. Kaprikornus sebagai seorang innovator, pendidik harus bisa mengintegrasikan methode pembelajaran yang dipakai sesuai dengan keadaan sekolah, kerakteristik anak dan lingkungan sekitar. Dengan menentukan dan menetukan sebuah methide kemudian kemudian memodifikasi methode yang dipakai menurut pengalaman ajar, maka proses pembelajaran bisa akan tercipta lebih effesien dan menarik bagi penerima didik.
Sekian saja uraian mengenai konsep cara mengunakan methode pembelajaran yang efektif dan effesien dengan tujuan untuk sanggup membuat proses pembelajaran yang menyenangkan dan mendapat hasil sesuai dengan apa yang kita citakan. Semoga goresan pena singkat ini bisa menjadi masukan kecil buat kita semua.
Sumber http://www.pondok-belajar.com/
Buat lebih berguna, kongsi: