Loading...

√ Segmentasi Pasar Beserta Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat Tujuannya

Apa itu segmentasi pasar? Pengertian segmentasi pasar ialah pengelompokkan konsumen sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan tertentu. Arti segmentasi pasar diubahsuaikan dengan tingkah laris atau sikap dari konsumen terkait suatu produk yang ada di pasar. Tujuan segmentasi pasar antara lain biar penjualan produk lebih tertarget pada kelompok tertentu.


Seperti diketahui bahwa masyarakat sangat heterogen sehingga pembuatan produk harus mempunyai sasaran segmen tertentu. Hal ini menciptakan segmentasi pasar diharapkan untuk sasaran dan planning pemasaran produk pada kelompok masyarakat tertentu yang lebih homogen.


Dasar-dasar segmentasi pasar ditentukan oleh beberapa hal, mulai dari kondisi demografi, letak geografis, tingkah laris sampai hal-hal lainnya. Variabel yang dipakai pun harus memenuhi kriteria tertentu, contohnya harus sanggup diukur dan sanggup dibedakan satu sama lain.


(baca juga pembagian ilmu ekonomi)


 Pengertian segmentasi pasar ialah pengelompokkan konsumen sesuai dengan karakteristik da √ Segmentasi Pasar Beserta Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat  Tujuannya


Pengertian Segmentasi Pasar


Pengertian segmentasi pasar secara umum ialah pembagian kelompok pembeli yang mempunyai perbedaan kebutuhan, karakteristik atau sikap yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu. Definisi segmentasi pasar juga sanggup diartikan pengidentifikasian analisis perbedaan para pembeli di pasar.


Dalam teori ilmu ekonomi, segmentasi pasar menjadi salah satu instrumen penting dalam menciptakan dan memasarkan suatu produk. Dalam ilmu marketing atau pemasaran, tugas segmentasi pasar sangat penting untuk kesuksesan suatu produk dari perusahaan tertentu.


(baca juga pengertian pasar)


Tujuan Segmentasi Pasar


Berikut merupakan beberapa tujuan dan manfaat segmentasi pasar secara umum yang didapat, baik bagi penjual atau produsen selengkapnya.



  • Pasar menjadi lebih gampang dibedakan

  • Pelayanan menjadi lebih baik dan tepat

  • Strategi pemasaran dan promosi menjadi lebih terarah

  • Menemukan peluang gres di masyarakat

  • Desain produk menjadi lebih tepat

  • Strategi komunikasi lebih efektif dan efisien

  • Dapat mengetahui kompetitor dengan segmen yang sama

  • Evaluasi sasaran dan planning bisnis lebih akurat

  • Kesempatan pasar dimiliki oleh penjual atau produsen

  • Alokasi anggoran sanggup diubahsuaikan biar lebih efisien

  • Pengaturan produk dan daya tarik pemasaran sanggup direncanakan

  • Potensi penyaluran modal perjuangan lebih besar


Kriteria dan Dasar-Dasar Segmentasi Pasar


Ada beberapa syarat dan kriteria segmentasi pasar yang harus dipenuhi. Berikut merupakan kriteria dan dasar-dasar segmentasi pasar selengkapnya.



  • Dapat diukur (measurable), segmen pasar ibarat ukuran atau daya beli harus sanggup diukur dengan jelas.

  • Dapat dicapai (accesible), segmen pasar harus sanggup dicapai dan dijangkau.

  • Cukup besar (substantial), segmen pasar harus terdiri dari kelompok homogen yang cukup besar dan bernilai.

  • Dapat dibedakan (differentiable), segmen pasar harus dibedakan satu sama lain dengan jelas.

  • Dapat dilaksanakan (actionable), segmen pasar harus sanggup dilayani secara efektif oleh produsen.


Jenis-Jenis Segmentasi Pasar


Terdapat beberapa pengelompokkan segmentasi pasar yang didasarkan pada segmen tertentu. Berikut merupakan pembagian kategori dan jenis-jenis segmentasi pasar beserta klarifikasi lengkapnya.


1. Segmentasi Pasar Berdasarkan Geografi


Segmentasi pasar ini didasarkan pada letak geografisnya dan dibagi ke dalam beberapa bab geografi ibarat negara, wilayah, kota dan desa. Daerah geografi yang dipandang potensial dan menguntungkan akan menjadi sasaran operasi perusahaan menjual produk.


2. Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi


Segmentasi pasar ini didasarkan pada kondisi demografinya. Pada segmentasi pasar ini dibagi dan diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok demografi dengan dasar pembagian usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi atau tingkat pendidikan konsumen.


3. Segmentasi Pasar Berdasarkan Psikografi


Segmentasi pasar ini didasarkan pada kondisi psikografinya. Dalam segmentasi pasar ini akan menelaah bagaimana konsumen dengan segmen demografi tertentu merespon suatu stimuli pemasaran.


4. Segmentasi Pasar Berdasarkan Sosial-Budaya/Sociocultural


Segmentasi pasar ini didasarkan pada kondisi sosial-budaya. Biasanya segmentasi pasar ini mempunyai variabel ibarat sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya) dibagi dalam segmen yang sesuai tahap pada:



  • Daur hidup keluarga

  • Kelas sosial

  • Budaya dan sub budaya

  • Lintas budaya atau segmentasi pemasaran global


5. Segmentasi Pasar Berdasarkan Hubungan Secara Ekstrim


Segmentasi pasar ini merupakan bentuk efektif segmentasi bagi penggunaan merek tertentu secara ekstrem, contohnya saja seperti:



  • Tingkat penggunaan: beda segmentasi terletak pada pengguna berat, pengguna sedang, dan pengguna ringan. Bukan pengguna sebuah produk, jasa, atau merek khusus.

  • Tingkat kesadaran: kesadaran konsumen pada produk, kesiapan membeli produk, atau apakah konsumen membutuhkan isu wacana produk tersebut.

  • Loyalitas merek: Loyalitas konsumen pada merek dijadikan perusahaan sebagai identifikasi karakteristik konsumen di mana mereka sanggup eksklusif menjadi pendukung promosi ke orang dengan karakteristik yang sama namun dengan populasi yang lebih besar.


6. Segmentasi Pasar Berdasarkan Situasi Penggunaan


Segmentasi pasar ini didasarkan pada suatu situasi tertnetu yang menjadi kesempatan bagi konsumen akan membeli atau mengkonsumsi suatu produk. Segmentasi ini dibuat untuk membantu perusahaan memperluas penggunaan produknya yang dijual.


7. Segmentasi Pasar Berdasarkan Benefit/Keuntungan


Segmentasi pasar ini didasarkan sesuai dengan menfaat yang dicari dari produk. Secara umum segmentasi pasar ini didasarkan pada lima laba produk yang utama yakni:



  • Fungsional

  • Nilai uang

  • Manfaat sosial

  • Manfaat emosi positif

  • Manfaat emosi negatif


8. Segmentasi Pasar Hybrid/Campuran


Pada segmentasi pasar ini dibuat menurut kombinasi beberapa variabel segmen yang membentuk sebuah segmen tunggal. Misalnya ialah segmen geodemografis, sangat berkhasiat untuk menemukan prospek terbaik bagi seorang pengiklan atau pemasar dalam menemukan kepribadian, tujuan, dan ketertarikan sesuai dengan daerah tinggal konsumen.


9. Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkah Laku


Pada segmentasi pasar ini dikelompokkan menurut pengetahuan, sikap, penggunaan atau reaksi pembeli terhadap suatu produk. Singkatnya segmen ini membedakan konsumen menurut tingkah lakunya pada sebuah produk tertentu.


Nah demikian tumpuan mengenai pengertian segmentasi pasar beserta definisi, tujuan dan manfaat, kriteria, dasar-dasar penentuan dan jenis-jenis segmen pasar selengkapnya. Semoga sanggup menambah wawasan mengenai apa itu segmentasi pasar dan macam-macamnya.




Sumber https://www.zonareferensi.com
Buat lebih berguna, kongsi: