Loading...

√ Pengertian, Mengenali Dan Menghindari Phising

 Mungkin Anda sudah tidak absurd lagi dengan  √ Pengertian, Mengenali dan Menghindari Phising

Mungkin Anda sudah tidak absurd lagi dengan "Phising", sebab ini yaitu sebuah tindak kekerasan yang marak terjadi di dunia maya. Nah oleh sebab itu kita selaku penikmat dunia maya patut tahu wacana phising. Mari simak pembahasan dibawah ini mengenai pengertian phising, cara kerja phising, cara mengenali dan menghindari phising.

Pengertian Phising

Phising dalam artiannya yaitu "memancing", jadi sebuah metode yang biasa dipakai oleh para h4ck3r untuk memancing sasaran atau korban biar dapat dikelabui. Biasanya mereka memakai metode ini untuk mendapat gosip belakang layar menyerupai password bahkan kartu kredit.

Makannya kini sering terjadi pembobolan kartu kredit untuk keperluan card1ng. Ini tidak jauh awal - awalnya dari phising tersebut.

Cara Kerja Phising

Sebenarnya sangatlah praktis, jadi si h4ck3r menciptakan web phising sama persis web aslinya. Misalnya dengan menciptakan form login akun internet banking. Bagi orang yang awam mungkin itu benar - benar web asli, namun sebetulnya hanya web tiruan untuk memancing pengunjung biar memasukkan data - data rahasianya dan data tersebut secara eksklusif akan masuk ke server si h4ck3r tersebut.

Biasanya link phising suka disebar oleh pelaku di sosial media dengan iming - iming yang sangat meyakinkan. Selain itu suka ada juga dengan rayuan gambar porn* dan saat di klik nantinya akan masuk ke web phising. Itu semua yaitu settingan si h4ck3r untuk mengelabui para korbannya.

Cara Mengenali dan Menghindari Phising

Phising memang salah satu kejahatan dunia maya (cyber crime) yang marak terjadi. Sebenarnya sangat gampang membedakan mana web orisinil dan mana web phising, asalkan kita berhati - hati dan mengetahui ciri - ciri phising. Berikut ciri - ciri phising

  • Alamat (URL) web biasanya hampir sama dengan alamat web aslinya. Hanya saja biasanya membolak - balik kata atau mengganti beberapa huruf. Misalnya facebook,com/login (asli) dengan facebo0k,com/login. Intinya menyerupai itu, jadi si h4ck3r menciptakan alamat web phising sama persis web aslinya.
  • Phising biasanya disebarkan di sosmed dengan caption yang sangat merayu. Misalnya h4ck gems coc, h4ck pangkat pb, dan lain - lain.

Maka dari itu, untuk cara menghindari phising yaitu kita harus cermat dan berhati - hati saat memasuki sebuah website. Apalagi jangan pernah memasukkan gosip belakang layar menyerupai data akun di sebuah form login yang tidak kita kenal.

Mungkin itulah pembahasan mengenai pengertian phising, cara mengenali dan cara menghindari phising yang dapat Saya berikan. Semoga bermanfaat

Sumber http://www.siddiqrn.net/
Buat lebih berguna, kongsi: