Loading...

√ Tips Menjaga Badan Supaya Tetap Bugar Ketika Menjalankan Puasa Ramadhan

 Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia √ Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar Saat Menjalankan Puasa Ramadhan


Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Puasa – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Berbagai persiapan dilakukan menjelang bulan Ramadhan termasuk salah satu yang terpenting ialah menjaga kesehatan badan dikala puasa Ramadhan nantinya.


Jangan hingga kesehatan badan Anda menurun dikala menjalankan ibadah puasa lantaran dapat berdampak pada kualitas ibadah Anda. Oleh lantaran itu sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan badan dikala puasa biar tak gampang terjangkit banyak sekali jenis penyakit maupun tampak lesu.


Baca Juga : Masih Malas Untuk Sarapan? Yuk Sajikan Menu Sarapan Sehat Dan Lezat Ini


Saat menjalankan ibadah puasa tentu Anda pernah merasa lesu dan kurang bersemangat. Hal tersebut biasanya disebabkan lantaran contoh makan yang salah. Bagi Anda yang sebentar lagi akan menyambut bulan Ramadhan maka sebaiknya memperhatikan tips menjaga kesehatan badan dikala puasa berikut ini biar puasa Anda berjalan lancar dan mendatangkan banyak kebaikan untuk diri Anda.



  1. Untuk menyantap hidangan pada dikala sahur, sebaiknya aturlah waktu terlebih dahulu. Usahakan Anda menyantap hidangan sahur pada final waktu biar Anda tetap fit di siang hari selain itu dapat memperoleh keutamaan makan sahur yang sesuai dengan sunnah Rasul.

  2. Untuk menjaga kesehatan badan dikala puasa maka biasakan untuk mengkonsumsi masakan sahur dengan porsi yang normal serta jangan berlebihan. Utamakan mengkonsumsi masakan yang mengandung banyak karbohidrat, protein serta serta yang diperoleh dari sayur dan buah. Selain itu Anda juga dapat mengkonsumsi masakan yang banyak mengandung air lantaran dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan badan dikala menjalankan ibadah puasa.

  3. Agar badan semakin bugar dan tak lesu, konsumsilah susu biar kebutuhan nutrisi badan tercukupi. Bila perlu minumlah pelengkap atau multivitamin biar badan semakin bugar untuk menjalankan banyak sekali acara meskipun sedang menjalankan puasa.

  4. Selain itu, menjaga kesehatan badan dikala puasa dapat Anda lakukan dengan mengurangi konsumsi masakan yang banyak mengandung zat gula atau yang terasa manis. Makanan yang bagus justru akan menciptakan badan Anda terasa lemah dikala siang hari ketika berpuasa.

  5. Dengan mencukupi kebutuhan air dalam badan maka Anda telah berupaya untuk menjaga kesehatan badan dikala puasa. Oleh lantaran itu sebaiknya konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup sebelum imsak. Bila perlu minumlah air putih sebanyak tiga hingga lima gelas. Perlu Anda perhatikan, hindari mengkonsumsi kopi atau teh lantaran minuman ini justru akan menciptakan badan kehilangan cairan sehingga menciptakan Anda merasa dehidrasi.

  6. Pada dikala siang hari, kurangi berada di bawah sinar matahari dalam durasi waktu yang lama.

  7. Untuk menjaga kesehatan badan dikala puasa juga dapat Anda lakukan dengan beristirahat pada siang hari. Sempatkanlah untuk tidur sebentar terutama sehabis shalat zuhur biar badan dapat kembali bugar.

  8. Apabila Anda mempunyai waktu yang longger pada sore hari maka dapat Anda gunakan untuk berolahraga. Pastikan Anda menentukan jenis olahraga yang tidak terlalu berat namun tetap menyenangkan menyerupai yoga, sepeda santai dan jalan sore. Olahraga disaat puasa akan memperlancar peredaran darah serta menjaga badan Anda biar tetap fit.

  9. Pada dikala berbuka puasa, sebaiknya hindari makan yang berlebihan. Oleh lantaran itu Anda dapat mengkonsumsi kurma dan minuman yang manis. Minumlah air dalam jumlah yan cukup sebagai upaya untuk menggantikan cairan badan sehabis berpuasa.

  10. Setelah menjalan solat magrib, Anda dapat menyantap hidangan utama tentunya dengan sajian yang sehat serta seimbang. Menjaga kesehatan badan dikala puasa dapat Anda lakukan dengan mengkonsumsi hidangan yang terdiri dari karbohidrat, protein, sayur dan buah.

  11. Kurangi bila perlu hindari masakan yang berupa gorengan dan masakan pedas biar tak menggangu sistem pencernaan Anda.

  12. Untuk menjaga kesehatan badan dikala puasa, sebelum tidur usahakan untuk mengkonsumsi air putih sekitar 5 gelas. Jumlah air putih tersebut dapat Anda konsumsi secara bertahap.


Itulah klarifikasi mengenai tips menjaga badan biar tetap bugar dan tak lesu dikala menjalankan puasa ramadhan. Berdasarkan tips menjaga kesehatan badan dikala puasa diatas sekarang Anda tak ada alasan lagi untuk tak menjalankan ibadah puasa, lantaran dengan contoh hidup yang sempurna Anda akan tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa dan dijamin tak lesu lagi.


 



Sumber http://info-menarik.nett
Buat lebih berguna, kongsi: