Loading...

√ Cara Mengecek Kondisi Kerusakan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard

Cara Mengecek Kondisi Power Supply – Power Supply yaitu perangkat keras (hardware) komputer yang berfungsi untuk menyalurkan tegangan listrik ke dalam perangkat keras lainnya semoga komputer sanggup dijalankan. Power supply berupa kotak persegi yang umumnya terpasang di dalam casing komputer atau tepatnya di serpihan belakang casing. Peranan power supply untuk komputer merupakan perangkat keras penting lantaran tentunya tanpa adanya power supply maka komputer tidak akan bisa menyala. Maka daripada itu disarankan kalau Anda membeli power supply sebaiknya diperiksa dulu apakah power supply sanggup berfungsi dengan baik atau tidak.


Baca Juga : Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD Sekaligus Cara Memperbaikinya


Selanjutnya kalau Anda menemukan duduk kasus kalau komputer tidak nyala, maka sebaiknya langkah pertama yang harus Anda cek yaitu power supply. Banyak kasus komputer mati sendiri secara mendadak disebabkan power supply bermasalah. Apalagi kalau kipas pada power supply tidak berputar sama sekali maka sanggup dipastikan kalau power supply Anda bermasalah.


 komputer yang berfungsi untuk menyalurkan tegangan listrik ke dalam perangkat keras lainn √ Cara Mengecek Kondisi Kerusakan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard


Lalu yang menjadi pertanyaan kini yaitu bagaimana cara mengecek kondisi power supply? Apakah dalam mengecek power supply harus memakai motherboard? Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti power supply yang Anda anggap rusak dengan yang baru, simak dulu artikel ini hingga selesai. Disini saya akan membahas tuntas cara mengecek kondisi power supply untuk memastikan kalau power supply rusak atau tidak. Bahkan mengecek power supply disini kita lakukan tanpa memakai motherboard.


Berikut Cara Mengecek Power Supply Tanpa Menggunakan Motherboard


Banyak cara untuk mengecek kondisi power supply. Jika Anda pergi ke toko komputer disana dijual alat khusus untuk cek kondisi power supply (power supply tester). Namun disini saya tidak membahas hal itu, disini saya akan membagikan cara cek kondisi kerusakan power supply dengan cara manual.


Cara manual untuk mengecek kondisi kerusakan power supply yaitu dengan cara jumper. Yang dimaksudkan cara jumper disini yaitu dengan menghubungkan serpihan plus (+) dan minus (-) power supply memakai kabel. Karena dengan cara ini kondisi kerusakan power supply akan kita ketahui dengan mudah. Selanjutnya kalau ternyata power supply yang bermasalah, maka kita tinggal memperbaiki power tersebut atau menggantinya dengan yang baru.


Jika kita lihat kabel yang terdapat didalam power supply atau kabel yang terhubung ke motherboard maka akan ditemukan banyak kabel. Kabel dari power supply yang terhubung ke Motherboard dinamakan konektor catu daya. Konektor catu daya ini berfungsi untuk mensuplai tegangan listrik ke Motherboard, CD-ROM, dan Hardisk. Nah disini kita akan menghubungkan secara pribadi konektor catu daya tersebut (jumper) untuk mengecek kondisi kerusakan power supply.


Konektor catu daya pada power supply memiki 24 pin yang kemudian dibagi menjadi 2 bagian. Namun bahwasanya konektor catu daya power supply yang terpenting yaitu berjumlah 20 pin saja. Silakan saja Anda cek kalau konektor yang 4 pin sanggup kita pisahkan sehingga jumlahnya menjadi 20 pin. Malahan untuk motherboard tipe dulu umumnya mempunyai 20 pin saja.


Ok kini mari kita bahas ke inti permasalahan yaitu cara mengecek kondisi power supply apakah rusak atau tidak.


Cara Cek Kondisi Power Supply Dengan Jumper


Anda perhatikan gambar ilustrasi konektor catu daya 20 pin power supply dibawah ini berikut warna-warnanya :


 komputer yang berfungsi untuk menyalurkan tegangan listrik ke dalam perangkat keras lainn √ Cara Mengecek Kondisi Kerusakan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard



  1. Anda siapkan alat untuk menghubungkan konektor (jumper) yang sanggup menghantarkan listrik menyerupai kabel, tembaga, atau media lainnya;

  2. Buka atau keluarkan power supply dari casing komputer dan jangan hingga lupa cabut semua kabel yang terhubung dari power supply (Motherboard, CD-ROM, dan Hardisk);

  3. Anda lihat gambar konektor 20 pin power supply diatas dan warna-warnanya. Untuk plus (+) yaitu warna hijau, maka silakan Anda masukkan salah satu ujung kabel ke konektor warna hijau;

  4. Untuk minusnya (-) yaitu warna hitam. Anda pilih saja konektor warna hitam. Ada 7 konektor warna hitam, Anda pilih satunya untuk menghubungkan salah satu kabel jumper tadi;

  5. Jika kedua kabel jumper sudah dimasukkan atau sudah terhubung antara konektor warna hijau dan hitam, silakan Anda sambungkan power supply listrik dan lihat reaksinya.


Untuk memastikan apakah power supply rusak atau tidaknya sehabis Anda mempraktikkan cara diatas yaitu apakah kipas (fun) yang terdapat pada power supply berputar atau tidak? Jika kipasnya berputar maka dipastikan kalau power supply masih dalam kondisi baik. Namun kalau sebaliknya maka power supply sudah tidak layak pakai lagi. Coba Anda perbaiki power supply atau kalau kondisinya sudah parah maka sebaiknya ganti saja dengan power supply yang baru.


Baca Juga : Cara Mengecek & Memperbaiki Keadaan Hardisk Dengan Tool Bawaan Windows


Ok mungkin hanya itu saja artikel wacana Cara Mengecek Kondisi Power Supply dengan memakai cara jumper. Semoga artikel ini ada keuntungannya dan hingga bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses selalu.



Sumber http://info-menarik.nett
Buat lebih berguna, kongsi: