Loading...

√ Cara Menciptakan Halaman Penulis Tamu Blog Di Wordpress

Cara Membuat Halaman Penulis Tamu – Banyak WordPresser dan blogger mempersilakan pengunjung untuk menulis artikel di blognya (penulis tamu). Dengan dibuatnya halaman khusus untuk penulis tamu, maka admin blog akan terbantu dalam mengatur aktivitas posting artikel. Sedangkan laba bagi penulis tamu jikalau mempunyai blog, maka si-penulis akan mendapatkan sebuah backlink. Tentunya hal ini akan saling menguntungkan antara admin blog dan penulis tamu.



Baca Juga : Cara Praktis Membuat Pemberitahuan Cookie Di Blog WordPress



Backlink yang didapat dari blog yang telah kita sumbang goresan pena artikel, biasanya bersifat dofollow. Bukankah hal ini sebuah laba manis bagi kita? Semakin rajin dan sering kita menulis artikel di blog lain, maka akan semakin banyak juga backlink dofollow yang kita peroleh.


Disini aku tidak akan membahas panjang lebar laba menjadi penulis tamu di blog lain. Namun yang akan aku bahas disini yaitu bagaimana cara mengakibatkan blog yang dikelola sanggup mendapatkan penulis tamu (guest post) terutama blog CMS WordPress.


Bukan hal yang sulit mengakibatkan blog kita untuk mendapatkan blogger lain menjadi penulis tamu. Kita tinggal mengundang atau memberitahu blogger lain bahwa blog kita mempersilakan mereka memposting artikel di blog kita. Caranya sanggup dengan menciptakan artikel pemberitahuan atau dengan cara promosi melalui kegiatan blogwalking.


Selanjutnya untuk memudahkan mereka dikala ingin menciptakan artikel di blog kita, sebaiknya kita menyediakan halaman khusus guest blogger atau guest post. Di halaman tersebut sanggup kita isi dengan beberapa aturan-aturan tertentu ihwal tata cara menjadi penulis tamu di blog kita. Dan alangkah baiknya, kita juga menyediakan daerah menulis pribadi di halaman penulis tamu tersebut.


Sangat beruntung bagi kita yang mempunyai blog WordPress. Karena menyerupai yang kita tahu WordPress sanggup kita pasang plugin untuk memenuhi segala kebutuhan yang hubungannya dengan keperluan ngeblog. Begitupun dengan kebutuhan halaman guest post, demi memudahkan penulis tamu maka kita sanggup menambahkan plugin yang fungsinya penulis tamu sanggup menulis sendiri artikel dan menerbitkannya langsung.


Dengan memanfa’atkan plugin khusus untuk guest post, maka setiap penulis tamu tidak akan repot dikala ingin mengirimkan artikel melalui email atau yang lainnya. Mereka cukup menulis pribadi artikel di halaman khusus yang kita buat layaknya kita posting artikel di forum-forum.


Plugin WordPress Untuk Membuat Halaman Penulis Tamu


Banyak plugin WordPress yang sanggup kita gunakan untuk keperluan guest post. Namun aku sangat menyukai salah satu plugin guest post ini, yaitu plugin User Submitted Posts. Plugin ini selain gratis, tidak sulit juga cara menggunakannya. Plugin User Submitted Posts telah banyak dipakai oleh WordPresser terkenal.


Ukuran plugin yang kecil sekitar 181 KB sehingga tidak akan menghabiskan ruang hosting. Jika Anda tertarik ingin mencobanya, silakan d0wnl0ad terlebih dahulu Plugin User Submitted Posts.


Jika selesai d0wnl0ad, menyerupai biasa kita upload plugin di hidangan Plugin > Add New > Upload Plugin. Kemudian kita installkan plugin User Submitted Posts tersebut melalui dashboard WordPress.


Cara memakai plugin User Submitted Posts tidaklah sulit sebab tidak banyak yang harus setting. Anda sanggup menuju hidangan Settings > User Submitted Posts.


Plugin ini hanya mempunyai tiga pengaturan saja, yaitu hidangan Options, Shortcode Template Tag, dan Restore Default Options. Di hidangan Options ini kita akan menemukan submenu Show/Hide Form Fields yang berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan form-form tertentu.


Yang perlu kita perhatikan pada hidangan Options ini adalah, kita sebaiknya mencentang semua kategori yang ada didalam submenu General Form Options. Nanti penulis tamu akan gampang dalam menentukan kategori artikel yang mereka tulis sesuai dengan kategori yang kita sediakan.


Kita juga harus menentukan sistem moderasi artikel sebelum diterbitkan. Hal ini untuk mencegah bencana yang tidak kita inginkan jikalau artikel yang ditulis guest post tidak sesuai dengan tema blog kita. Untuk menciptakan sistem moderasi artikel, kita pilih Always moderate masih dalam submenu General Form Options. Dengan begitu kita bebas menyidik artikel apakah sesuai atau tidaknya dengan tema blog kita. Jika sesuai maka kita setujui kemudian diterbitkan, namun jikalau sebaliknya kita sanggup menghapusnya.


Disubmenu General Form Options jikalau ingin tampilan posting artikel sama persis dengan tampilan editing post WordPress, kita meski centang pada Enable Rich Text Editor. Untuk pengaturan lainnya, silakan Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing.


Masih di hidangan Options, kita sanggup menciptakan form captcha untuk mencegah sistem mesin robot yang menulis artikel. Aktifkan sistem captcha di submenu Challenge Question (Captcha). Dan juga kita sanggup menentukan ukuran maksimal gambar yang diupload penulis tamu pada submenu Image Uploads.


Setelah semua pengaturan yang ada di hidangan Options selesai kita sesuaikan dengan kebutuhan, selanjutnya kita harus menciptakan halaman khusus. Seperti biasa untuk menciptakan halaman gres di WordPress yaitu dari hidangan Pages > Add New melalui Dashboard. Untuk menampilkan Text Editor plugin User Submitted Posts di halaman yang gres saja kita buat adalah, sisipkan Shortcode yang diberi blok kuning didalamnya. Namun jikalau ingin menyisipkan instruksi PHP, Anda tinggal menyisipkan kode Template tag.


Maka hasil jadinya akan tampil menyerupai pola gambar di bawah ini :


 Banyak WordPresser dan blogger mempersilakan pengunjung untuk menulis artikel di blognya  √ Cara Membuat Halaman Penulis Tamu Blog Di WordPress


Kita juga sanggup menambahkan kalimat-kalimat lain di dalam halaman penulis tamu ini, misal syarat dan ketentuan menjadi penulis tamu atau yang lainnya. Sekarang Anda sudah mempunyai halaman gres keren yang khusus Anda sediakan untuk penulis tamu.


Mungkin artikel Cara Membuat Halaman Penulis Tamu Di Blog WordPress menggunakan plugin User Submitted Posts ini dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfa’atnya dan rencananya blog ini juga kedepannya akan dibentuk halaman khusus untuk guest post atau guest blogger.



Sumber http://info-menarik.nett
Buat lebih berguna, kongsi: