Loading...

Jawaban Pg Uji Kompetensi Kepingan 1 Halaman 34 Mtk Kelas 8 Kepingan 1 (Pola Bilangan)

Uji Kompetensi Bab 1
Halaman 34
Bab 1 (Pola Bilangan)
A. Pilihan Ganda (PG)
Matematika (MTK)
Kelas 8 / VIII SMP/MTS
Semester 1 Kurikulum 2013 (K13)
Jawaban Uji Kompetensi Bab 1 Matematika Kelas 8 Halaman 34 Bab 1 (Pola Bilangan)
Jawaban Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 34 Matematika Kelas 8 Bab 1 (Pola Bilangan)



 Batang korek api disusun dengan dengan susunan ibarat pada gambar berikut Jawaban PG Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 34 MTK Kelas 8 Bab 1 (Pola Bilangan)
Jawaban PG Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 34 MTK Kelas 8 Bab 1 (Pola Bilangan)

1. Batang korek api disusun dengan dengan susunan ibarat pada gambar berikut.

Pola 1 Pola 2 Pola 3
Jika contoh tersebut terus berlanjut, banyak batang korek api pada susunan ke-10 yakni ... batang.
A. 33

B. 36
C. 39
D. 42


Jawaban terlampir:

2. Perhatikan contoh bilangan berikut. (3, 6), (6, 15), (8, 21)
Pernyataan yang sempurna untuk mendapat bilangan kedua dari pasangan bilangan pertama pada contoh tersebut yakni ....
A. Ditambah 3
B. Dikalikan 2
C. Dikalikan 2 lalu ditambah 3
D. Dikalikan 3 lalu dikurangi 3

Jawab :
3 → 6 = 3 x 3 - 3
6 → 15 = 6 x 3 - 3
8 → 21 = 8 x 3 - 3

Petunjuk: Untuk soal no. 3 - 16, pilihlah salah satu tanggapan yang benar sesuai dengan contoh barisan yang diberikan.

3. 10, 30, 50, 70, ..., ..., ...
A. 80, 90, 100
B. 90, 110, 130C. 100, 200, 400
D. 110, 130, 150

Jawab:

4. 2, 3, 8, 11, 16, ..., ..., ...
A. 19, 24, 27B. 18, 23, 26
C. 20, 25, 28
D. 19, 25, 28

5. 5, 4, 9, 8, 13, 12, 17, ..., ..., ...
A. 18, 23, 22
B. 17, 22, 21
C. 16, 21, 20D. 15, 20, 19

Jawab:

6. 1, 3, 4, 7, 9, 13, 16, 21, ..., ...
A. 27, 31
B. 25, 31C. 25, 30
D. 25, 29

7. 2, −6, 18, −32, 64, ..., ..., ...
A. −128, 254, −508
B. 128, −254, 508
C. −96, 128, −160
D. −254, 508, −1016


8. 90, 30, 10, ..., ..., ...
A. 10/3, 10/9, 10/27B. 3, 2, 1
C. 7, 4, 1
D. 10/9, 10/27,  10/81


9. 4, −7, 10, −13, 16, ..., ..., ...
A. 19, −22, 25
B. −20, 25, −31
C. 20, −24, 28
D. −19, 22, −25


10. A, K, C, ..., E, O, G
A. D
B. L
C. N
D. M


11. 1, 3, 4, 7, ..., ..., 29
A. 11, 19
B. 11, 18C. 10, 17
D. 10, 18


Baca Juga: 
Jawaban Esai Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 34 MTK Kelas 8 Bab 1 (Pola Bilangan)

12. 1, 4, 9, 16, ..., ..., 49
A. 25, 36B. 25, 30
C. 20, 36
D. 24, 34

13. 2, 4, 10, 11, 18, 18, 26, 25, ..., ..., ...
A. 32, 30, 40
B. 33, 31, 41
C. 34, 32, 42

D. 35, 33, 43

14. 1, 5, –1, 3, 7, 1, 5, 9, 3, 7, 11, 5, ..., ..., ...
A. 8, 12, 6
B. 9, 13, 7

C. 10, 14, 8
D. 11, 15, 9

15. 4, 10, ..., ..., 34, 44
A. 17, 26
B. 16, 22
C. 17, 25
D. 16, 25


16. 100, 92, ..., 79, ..., 70
A. 85, 73
B. 84, 74
C. 84, 71
D. 85, 74


17. Jika angka di belakang koma pada bilangan 7,1672416724167...
dilanjutkan terus menerus , angka pada daerah kedudukan 1/ 10 pangkat 33 yakni ...
A. 1 C. 7
B. 6 D. 2
Jawaban Terlampir:

18. Angka satuan pada bilangan 2.0132.001 yakni ...
A. 3 C. 7
B. 9 D. 1

Jawaban Terlampir:Materi Teori Bilangan
Perhatikan bahwa kita hanya meninjau satuan saja.
2013 pangkat 1 => 3 (satuannya 3)
2013 pangkat 2 => 9 (satuannya 9)
2013 pangkat 3 => 9 × 3 => 7 (satuannya 7)
2013 pangkat 4 => 7 × 3 => 1 (satuannya 1)
2013 pangkat 5 => 1 × 3 => 3 (satuannya 3)
Polanya yakni 3, 9, 7 1, 3, 9, 7, 1, ....
dengan pangkat (1, 2, 3, 4), (5, 6, 7, 8), ...
Karena 2001 berada pada kelompok bilangan
(2001, 2002, 2003, 2004)
Maka, 2013^2001 satuannya yakni 3. (bilangan pertama)

19. Jika n pada bilangan 1.248n yakni suatu bilangan lingkaran positif, nilai n supaya angka satuannya 8 yakni ... 
A. 2.013
B. 2.014
C. 2.015
D. 2.016

Jawab:Untuk mendapat satuan 8, kita hanya membutuhkan angka terakhirnya saja
8ⁿ
perhatikan contoh satuan pangkat bil.8
8¹=8
8²=4
8³=2
8⁴=6
8^5=8
8^6=4
jadi berulang setiap 4x
agar mendapat satuan 8 maka n harus bersisa 1 saat dibagi 4
coba 1 per 1 optionya
ditemukan 2013/4 = 503 dgn sisa 1
maka n=2013


20. Jika n menyatakan banyak rusuk sisi bantalan suatu limas, maka banyak rusuk pada limas tersebut yakni ....
A. 3n
B. 2n
C. 3n + 1
D. 2n + 1

Jawaban Terlampir:

Sumber http://www.bastechinfo.com
Buat lebih berguna, kongsi: