Loading...

√ Arti Logo/Lambang Kabupaten Pinrang

Logo Kabupaten Pinrang terdiri dari delapan bab yang menggambarkan unsur √ Arti Logo/Lambang Kabupaten Pinrang

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Lambang/Logo Kabupaten Pinrang terdiri dari delapan bab yang menggambarkan unsur-unsur historis, sosiologis, ekonomis. Patriotik dan kultural yang keseluruhannya merupakan bab mutlak yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  1. Bintang Segi Lima : melambangkan Pancasila dan juga impian luhur rakyat Kabupaten Pinrang untuk mencapai kebahagiaan hidup menurut Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Buah Padi berjumlah 19 butir dan buah jagung berjumlah 7 buah, yang letaknya melingkar, melambangkan hasil utama Kabupaten Pinrang sekaligus melambangkan keadilan sosial. Angka 19 dan 7, juga mengingatkan bahwa kerika Kabupaten Pinrang terbentuk lewat UU No. 29 Tahun 1959, terdiri dari 19 distrik yang lalu dilebur menjadi 7 Kecamatan Administratif. Angka 19 juga mengatakan hari lahir Kabupaten Pinrang yang jatuh setiap tahunnya pada tanggal 19 Februari.
  3. Bendungan beserta tiang-tiang listriknya, melukiskan Kabupaten Pinrang yang mempunyai Bendungan Saddang dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Dahulu tenaga listrik hanya Pusat Tenaga Listrik Teppo namun kini bertambah dengan beroperasinya PLTA Bakaru.
  4. Rantai Permata empat, selain menggambarkan persatuan juga melukiskan bahwa Kabupaten Pinrang sebelum menjadi tempat otonom, terdiri dari empat Swapraja, Swapraja Sawitto, Swapraja Batulappa, Swapraja Kassa dan Swapraja Suppa.

Mungkin cukup sekian dari saya, agar dapat bermanfaat. Terima kasih, assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Sumber http://www.maringngerrang.com/
Buat lebih berguna, kongsi: