Loading...

Kisah Cinta Sejati Yang Berakhir Tragis Dan Menyayat Hati

Membicarakan ihwal cinta memang sesuatu hal yang sangat menarik, setiap orang tentunya mempunyai kisah cinta yang berbeda-beda. Menjalin sebuah relasi cinta tentunya banyak hal yang bisa kita pelajari yaitu ihwal artinya sebuah perjuangan, pengorbanan dan juga ketulusan hati. Asal kalian tahu, kisah cinta itu tidak selamanya berakhir dengan kebahagiaan, ada yang kisahnya berujung senang dan ada juga yang kisah cintanya yang berujung tragis. Tidak ada yang salah dengan cinta kalau kisah cintanya berakhir tragis, hanya saja takdir mereka yang tidak mendukung terjadinya kebahagiaan itu. Berikut ini ada beberapa kisah cinta di dunia yang berakhir tragis dan menyayat hati.


 


1. Presiden AS Andrew Jackson dan Rachel Donelson


Membicarakan ihwal cinta memang sesuatu hal yang sangat menarik Kisah Cinta Sejati Yang Berakhir Tragis Dan Menyayat Hati


Photo via : blogunik.com


Rachel Donelson menikah dengan Andrew Jackson pada tahun 1791. Namun pada ketika itu Rachel Donelson bersatus bigami atau menikah dengan 2 laki-laki sekaligus, alasannya yaitu Lewis Robard tuan tanah dari Kentucky tidak mengurus perceraiannya. Rachel percaya mantan suaminya itu telah mengurus proses perceraiannya, namun nyatanya tidak. Hal ini pun dipakai oleh lawan politik Andrew Jackson para pendukung John Quincy Adams, untuk menghalanginya maju sebagai presiden. Kejadian ini pun menjadi duduk masalah hingga menjadi skandal bagi pemerintahan Presiden AS Andrew Jackson yang dianggap mempunyai istri tidak bermoral. Meskipun mereka berdua dilanda cobaan berat, namun baik Andrew maupun Rachel tetap bersatu dan menikah ulang pada tahun 1794. Namun akhir tekanan masalah tersebut, kesehatan Rachel bermasalah dan ternyata Rachel menderita penyakit serangan jantung dan meninggal pada 22 Desember 1828. Bahkan ia tidak pernah melihat orang yang paling ia cintai menjadi presiden.


Akibat kepergian istri tercintanya, Andrew Jackson merasa terpukul dan ia dilaporkan tidak beranjak dari sisi jasad Rachel, ia mengharapkan istrinya akan hidup lagi. Jasad Rachel dibalut dengan gaun dan sandal putih, dimana rencananya pakaian itu ia gunakan pada ketika peresmian sang suami sebagai presiden. Pada ketika hari pemakaman Rachel, ada sekitar 10 ribu orang berkumpul dari kulit gelap dan putih, kaya ataupun miskin. Setelah Andrew Jackson menjadi presiden, ia mengungkapkan semua kesedihannya ketika kepergian istirnya “Saat ini saya yaitu Presiden AS dan dalam waktu tak usang saya akan memajukan negaraku. Aku bersyukur diberi kesempatan untuk membuatnya berada di sisiku di kawasan yang terhormat, namun Yang Maha Kuasa lebih tahu, apa yang terbaik baginya”.


 


2. Ines de Castro dan Raja Pedro


Membicarakan ihwal cinta memang sesuatu hal yang sangat menarik Kisah Cinta Sejati Yang Berakhir Tragis Dan Menyayat Hati




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:600px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3133381919"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



Photo via : https://www.algarvehistoryassociation.com


Ines de Castro merupakan seorang pembantu dari Putri Constance yang menikah dengan Putra Mahkota Portugal yaitu Pedro. Sang pangeran ternyata tertarik dengan kecantikan dari Ines dan mulai mengabaikan istri sahnya. Namun sehabis Putri Constance meninggal, Pedro mencoba menimbulkan Ines sebagai ratunya. Pada ketika itu, mereka sudah mempunyai 3 anak, namun sang ayah Raja Afonso IV menentangnya.Raja Afonso IV berusahan menyingkirkan Ines mengirimkan para bawahannya, Ivaro Goncalves dan Diogo Lopes Pacheco ke Biara Santa Clara-a-Velha di Coimbra dimana Ines di tahan.


Ines dibunuh dan dipenggal di depan anaknya yang masih kecil. Aksi inipun memicu perang saudara antara ayah dan anak. Saat mendengar isu itu, Pedro segera menangkap dua algojo dan mengeksekusi mereka di depan umum. Pedro pun karenanya menjadi Raja Portugal pada tahun 1357. Ia mengaku telah menikahi Ines belakang layar dan mengangkatnya sebagai ratu. Ines dimakamkan di Biara 4 Alcobaca yang bersisian dengan Pedro yang mangkat pada 18 Januari 1367. Dua peti marmer yang indah dilengkapi relief kehidupan merea dan juga kesepakatan Pedro bahwa mereka akan bersama até ao fim do mundo (sampai simpulan dunia).


 


3. Heloise dan Abelard


Membicarakan ihwal cinta memang sesuatu hal yang sangat menarik Kisah Cinta Sejati Yang Berakhir Tragis Dan Menyayat Hati


Photo via : https://newberryconsort.org


Heloise d’Argenteuil yaitu murid dari Peter Abelard filsuf, hebat teologi dan hebat logika terkemuka di zamanya pada ketika itu. Heloise dan Abelard terpaut usia 20 tahun, meskipun begitu Abelard tertarik dengan Heloise alasannya yaitu kecerdasannya. Hubungan yang awalnya hanya sebatas guru dan murid, bermetamorfosis hasrat dan cinta. Merekapun tahu bahwa aturan melarang relasi itu. Pada akhirnya, Heloise mengandung seorang anak laki-laki dan mereka menyadari kalau hal ini bukanlah sesuatu yang baik bagi mereka berdua. Mereka pun melarikan diri ke Brittany di Barat Laut Perancis. Untuk melindungi harga diri keponakannya, Canon Fulbert mengatur perkawinan rahasia Heloise dan Abelard.


Namun ketika mereka sudah menikah, mereka menemukan kenyataan Fulbert tolong-menolong ingin menghancurkan Abelard dan menjaga Heloise untuk dirinya sendiri. Heloise kemudian menyelamatkan diri ke biara di Argenteuil, namun malangnya nasib Abelard. Fulbert dan sekelompok orang masuk ke kamar Abelard, mereka kemudian menyerang dan mengebirinya. Kejadian yang menimpa Aberald ini membuatnya tidak melanjutkan profesinya. Pada ketika itu, Canon Bedell meminta Abelard untuk tidak lagi berusaha bersama Heloise. Mereka pun oke dan tetapkan untuk menjadi biarawan dan biarawati. Meskipun mereka terpisah kawasan tinggal, namun mereka masih saling berafiliasi lewat surat menyurat dan cinta mereka terus berkembang meskipun mereka tidak pernah bertemu lagi. Beberapa ratus tahun berikutnya, jasad mereka di makamkan di kawasan yang sama di Paris.


 


4. Tristan dan Isolde


Membicarakan ihwal cinta memang sesuatu hal yang sangat menarik Kisah Cinta Sejati Yang Berakhir Tragis Dan Menyayat Hati


Photo via : https://www.cornwalls.co.uk


Isolde yaitu putri dari Raja Irlandia, ia dipaksa oleh ayahnya untuk bertunangan dengan Raja Mark of Cornwall. Pada suatu hari Raja Irlandia mengutus Tristan sebagai pengawal Isolde kembali ke Cornwall. Dalam perjalananya, Isolde banyak bercerita dan berkeluh kesah pada Tristan, Isolde nampak sedih dan meneteskan air mata sehingga Tristan menyampaikan punggungnya untuk dijadikan sandaran. Pada awalnya Tristan dan Isolde tidak mempunyai perasaan apapun, perasaan mereka ketika itu hanya sebatas perasaan hormat dari seorang prajurit kepada putri raja dan Isolde juga begitu. Seiring berjalannya waktu, Isolde merasa nyaman setiap kali bercerita kepada Tristan dan Tristan juga demikian ia selalu ingin mendengarkan bunyi Isolde. Lama-kelamaan tatapan antara Tristan dan Isolde mulai berubah dan mereka saling jatuh cinta. Namun perasaan cinta mereka harus di sembunyikan alasannya yaitu Isolde sudah bertunangan dengan Raja Mark of Cornwall. Akhirnya ijab kabul antara Isolde dan Raja Mark of Cornwall tiba. Namun secara belakang layar Isolde juga melanjutkan kisah asmaranya dengan Tristan. Hari-hari pun berlalu dan relasi asmara antara Tristan dan Isolde diketahui oleh Raja Mark of Cornwall. Raja Mark pun murka besar dan mengusir Tristan tapi ia mengampuni Isolde.


Kemudian Tristan pergi ke Brittany dan ia bertemu dengan Iseult Brittany, seorang gadis yang mempunyai banyak kemiripan dengan Isolde. Trsitan pun berniat untuk menikahinya, namun hal itu urung dilakukan alasannya yaitu Tristan sadar, rasa cintanya kepada Isolde tidak bisa di lupakan meskipun ia menikahi orang yang menyerupai dengan Isolde. Tristan pun menjadi pemurung dan sedih dalam ratapan yang memilukan. Baginya tidak ada yang indah selain membayangkan Isolde dan tidak ada bunyi yang lebih indah dari bunyi lembut Isolde. Karena terlalu memikirkan Isolde, Tristan pun lupa menjaga kesehatannya sendiri dan karenanya jatuh sakit. Karena penyakit Tristan semakin parah maka Tristan meminta Isolde secara belakang layar untuk menjenguk dan merawatnya dan mengaharapkan Isolde bisa menyembuhkannya. Kemudian Tristan menyuruh orang untuk berlayar dan menjemput Isolde, Tristan mengajukan syarat kalau Isolde bersedia tiba maka layar kapal akan menjadi putih, namun kalau Isolde tidak bersedia tiba maka layarnya akan berwarna hitam. Namun takdir berkata lain, Iseult Brittany yang hampir dinikahi Tristan berbohong dan ia menyampaikan melihat layar hitam padahal layar berwarna putih. Merasa kecewa dan tak sanggup menahan rasa sakit, Tristan bunuh diri dengan meminum racun yang selama ini disimpan dikantong sakunya. Tak usang sehabis Tristan meninggal, Isolde pun tiba dan betapa hancurnya ketika ia melihat kekasihnya sudah meninggal dengan meminum racun. Pada karenanya Isolde pun mencium bibir Tristan yang masih ada sisa racunnya dan Isolde pun meninggal dengan memeluk Tristan.


 


5. Cleopatra dan Mark Antony


Membicarakan ihwal cinta memang sesuatu hal yang sangat menarik Kisah Cinta Sejati Yang Berakhir Tragis Dan Menyayat Hati


Photo via : https://www.deviantart.com/jozef-szekeres


Cleopatra merupakan ratu Mesir yang sangat dipuja oleh setiap rakyatnya terutama kaum lelaki alasannya yaitu kecantikannya yang takkan mungkin tertandingi oleh siapapun itu. Tidak hanya cantik, ia juga sangat cerdik dan bisa meguasai sembilan bahasa hingga Julius Caesar pun menjadikannya sebagai selir. Setelah kematian Caesar, tersebar rumor kalau Cleopatra ikut dalam pembunuhan Caesar. Pada akhirnya, sahabat Caesar sekaligus pengganti penguasa Romawi yaitu Mark Anthony mengundang Cleopatra untuk membicarakan hal ini di maskasnya di Antolia. Namun, Mark Antony ternyata jatuh hati pada Cleopatra dan Cleopatra pun mengundangnya untuk mengabiskan ekspresi dominan cuek bersamanya.


Pada karenanya mereka berdua menikah dan hal ini membawa Mesir pada posisi yang sangat menguntungkan. Mark Antony dan Cleopatra menjadi penguasa yang cukup tangguh dan bersama-sama melawan Octavian, lawan politik Anthony di Romawi. Namun, Octavian yang mempunyai relasi darah dengan Caesar tidak mendapatkan begitu saja. Ia pun tetapkan untuk berperang melawan mereka berdua. Sayangnya, pasukan Mark Anthony sanggup dikalahkan dan mereka berdua menjadi tawanan perang. Karena tak sanggup berpisah dengan Cleopatra, Mark Anthony tetapkan untuk bunuh diri dan Cleopatra di tawan di istananya sendiri. Cleopatra pun sangat terpukul ketika mengetahui kematian suaminya dan ia tetapkan untuk mengakhiri hidupnya dengan membiarkan ular berbisa mematuk tubuhnya.




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:250px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3892123021"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



 


6. Shah Jahan dan Arjumand Banu Begum


Membicarakan ihwal cinta memang sesuatu hal yang sangat menarik Kisah Cinta Sejati Yang Berakhir Tragis Dan Menyayat Hati


Photo via : https://www.factinate.com


Pada awalnya Pangeran Khurram putra dari Jahangir sang raja India bertemu pandang dengan Arjumand Banu Begum yang merupakan putri seorang perdana menteri Persia di sebuah bazaar di Meena. Pangeran Khurram yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Arumand Banu mengutarakan keinginannya untuk menikahinya kepada sang ayah. Sang Raja Jahangir merasa heran dengan sang anak alasannya yaitu keluarga kerajaan jarang terjadi ijab kabul dengan dasar cinta. Akhirnya raja pun menyetujuinya sehabis tahu kalau Arjumand Banu yaitu keponakan dari Nur Jahan, istri favorit sang raja. Arjumand Banu Begum yaitu seorang gadis yang anggun dan juga pintar. Dia mempelajari Islam dan Al-Quran dan ia juga memahami kisah para Nabi. Sedangkan Pangeran Khurram sendiri populer mahir berperang disaat usianya masih belia.


Tak hanya mempunyai wajah yang rupawan, ia juga mahir bersajak dan mempunyai bunyi yang indah. Setelah lima tahun penantian, karenanya Pangeran Khurram menikahi Arjumand Banu, Meskipun Arjumand Banu menjadi istri ketiganya, ia yaitu satu-satunya cinta sejati sang pangeran. Pada tahun 1628, Pangeran Khurram naik tahta dan berganti nama menjadi Shah Jahan sedangkan Arjumand Banu Begum berganti nama menjadi Mumtaz Mahal. Kehidupan rumah tangga mereka berjalan baik hingga pada tahun 1631 Mumtaz Mahal meninggal sehabis melahirkan anak ke -14 mereka. Sebelum Mumtaz Mahal menghembuskan nafas terakhirnya, ia meminta Shah Jahan berjanji atas empat hal yaitu membangun sebuah monumen yang indah diatas makamnya, tidak menikah lagi, membesarkan 14 putra-putrinya dengan baik dan rutin mengunjungi makamnya. Pada tahun yang sama juga Shah Jahan memulai pembangunan Taj Mahal. Meskipun begitu, selama dua tahun pertama Shah Jahan lebih banyak mengurung diri di kamarnya menangisi kematian istri tercinta hingga karenanya pada tahun 1633 ia bangun dan mempercepat pembangunan Taj Mahal sebagai tanda keabadian cintanya. Butuh waktu selama 23 tahun untuk merampungkan bangunan itu.


 


7. Romeo dan Juliet


Membicarakan ihwal cinta memang sesuatu hal yang sangat menarik Kisah Cinta Sejati Yang Berakhir Tragis Dan Menyayat Hati


Photo via : https://tiina.livejournal.com


Berawal dari dua keluarga yaitu keluarga Montague dan Keluarga Capulet yang saling bermusuhan semenjak lama. Awalnya Romeo yang berasal dari keluarga Montague jatuh cinta kepada Rosaline dari keluarga Capulet. Pada suatu hari ayah dari Juliet mengadakan pesta besar dan mengundang semua rekan bisnis serta teman-temanya dan tentunya keluarga Montague tidak di undang. Namun Romeo nekat menghadiri pesta tersebut demi melihat pujaan hatinya Rosaline. Dengan kepintaran yang dimiliki Romeo, ia berhasil menyelinap ke pesta tersebut. Sesampainya di pesta tersebut, perhatian Romeo berpindah ke pesona Juliet bukannya Rosaline yang begitu ia cintai. Romeo pun jatuh cinta pada Juliet pada pandangan pertama. Namun mereka harus menelan kekecewaan alasannya yaitu keluarga mereka saling bermusuhan. Meskipun begitu, Romeo dan Juliet tidak ingin mengalah dengan permusuhan keluarga mereka. Mereka berusaha menyatukan diri ditengah bahaya dan kekerasan dari keluarga masing-masing. Dengan sumbangan sobat Romeo yaitu Pastor Lawrence, mereka karenanya menikah secara diam-diam. Namun sayangnya ditengah kebahagian mereka, seorang sobat Romeo meninggal ditangan sobat Juliet yaitu Tlybalt.


Romeo pada awalnya tidak menyimpan dendam pada keluarga Capulet karenanya membalas dendam dengan membunuh Tlybalt. Kematian Tlybalt ini justru memperbesar permusuhan diantara keluarga Montague dan keluarga Capulet. Kemudian ayah Juliet yang tidak mengetahui ijab kabul putrinya tersebut tetapkan menikahkannya dengan seorang cowok berjulukan Paris. Akibat cinta yang ditentang ini, menciptakan Juliet sangat putus asa dan ia pun berkonsultasi dan menciptakan planning dengan Pastor Lawrence. Pastor Lawrence pun menyarankan Juliet untuk akal-akalan menyetujui ijab kabul itu, namun ketika pagi menjelang ia harus meminum ramuan yang akan membuatnya menyerupai sudah meninggal pada hal ia hanya mati suri. Setelah Juliet dimasukan ke dalam lemai besi penguburan, Pastor akan menyuruh Romeo untuk tiba menyelamatkannya. Namun takdir berkata lain, sebelum planning ini hingga di telingan Romeo, ia sudah terlebih dulu mengetahui isu istrinya telah meninggal dari orang lain. Perasaan Romeo pun hancur dan ia pergi untuk melihat Juliet untuk yang terakhir kalinya. Namun hingga disana, ia dihadang oleh Paris yang dengan sekejap dibunuh oleh Romeo. Tidak ada siapapun yang bisa menghentika Romeo yang ingin bersatu dengan Juliet. Disamping badan Juliet, ia pun meminum racun yang telah dibelinya dan Romeo meninggal seketika. Beberapa waktu kemudian Juliet terbangun dengan sebuah impian kosong. Ia melihat badan suaminya yang sudah tak bernyawa lagi, ia pun merasa tak punya alasan untuk hidup lagi. Akhirnya Juliet mengambil belati Romeo dan menusukan belati itu ke dirinya sendiri.


 


8. Putri Margaret dan Peter Townsend


Membicarakan ihwal cinta memang sesuatu hal yang sangat menarik Kisah Cinta Sejati Yang Berakhir Tragis Dan Menyayat Hati


Photo via : https://www.elle.ru


Putri Margaret semenjak usianya 6 tahun sudah ditakdirkan hidup di dalam bayang-bayang abang perempuannya yaitu Ratu Elizabeth II. Setelah ayahnya, Raja George VI naik tahta menggantikan Edward VIII yang terlibat skandal, Elizabeth menjadi calon Ratu Inggris, padahal waktu itu usianya gres 10 tahun. Putri Margaret dan Ratu Elizabeth sangat bersahabat dan tumbuh bersama-sama. Tidak usang sebelum Ratu Elizabeth menikah dengan Philip, Putri Margaret jatuh cinta pada kapten RAF, Peter Townsend. Peter Townsen merupakan orang yang membantu ayahnya dan bekerja di istana dan menemani keluarga dalam perjalanan ke Afrika Selatan. Pada ketika itu Townsend berusia 15 tahun lebih bau tanah dari Putri Margaret, Townsend pun sudah menikah dan mempunyai dua orang anak. Ketika George VI meninggal, Townsend pindah dari istana Buckingham bersama Putri Margaret dan Ibu Suri ke Clarence House. Tak usang sehabis itu, Townsend dan istrinya bercerai, sifat Townsend yang lembut ini telah melengkapi Putri Margaret yang berapi-api dan pada tahun 1953 Townsend melamar Putri Margaret.


Di tengah penobatan Elizabeth sebagai ratu, Margaret mengusap noda yang ada pada mantel Townsend. Ratu Elizabeth II turut prihatin dengan kesulitan adiknya ini, apalagi kondisi adiknya yang melanggar aturan kalau ijab kabul itu dilangsungkan. Ratu Elizabeth karenanya menciptakan keputusan bahwa anggota kerajaan sanggup menikahi seorang yang telah bercerai. Ratu Elizabeth meminta adiknya untuk menunggu selama setahun dan pada karenanya ijab kabul mereka tidak akan pernah terjadi. Putri Margaret pun menciptakan sebuah keputusan bahwa ia tidak akan menikah dengan Townsend alasannya yaitu aturan gereja dan posisinya sebagai keluarga dari kerajaan. Meskipun Putri Margaret dan Townsend saling mencintai, namun mereka harus berpisah. Setelah berpisah dengan Putri Margaret, Townsend menikah dengan pewaris tembakau Belgia berjulukan Marie Luce Jamagne. Sedangkan Putri Margaret menikah dengan seorang fotografer Antony Armstrong Jones di Westminster Abbey dan ijab kabul ini menjadi ijab kabul kerajaan pertama yang disiarkan di televisi. Namun ijab kabul mereka tidaklah bahagia. Selain alasannya yaitu Putri Margaret sendiri, sang suami juga merasa diperlakukan menyerupai bukan anggota kerajaan alasannya yaitu ia bukan bangsawan. Putri Margaret karenanya bercerai dan hal ini menjadi perceraian pertama dalam keluarga kerajaan. Perceraiannya ini menciptakan hidupnya semakin jelek dan menciptakan kesehatannya memburuk. Margaret karenanya menghembuskan nafas terakhirnya pada 9 Februari 2002.


 


9. Jane Austen dan Thomas Lefroy


Membicarakan ihwal cinta memang sesuatu hal yang sangat menarik Kisah Cinta Sejati Yang Berakhir Tragis Dan Menyayat Hati


Photo via : https://www.igs.ie


Jane Austen yaitu seorang novelis yang dikenal dengan kisah-kisah cinta yang romantis di karyanya. Namun kisah cinta Jane tidak seindah karya-karyanya yang berakhir bahagia. Di usia 20 Jane jatuh cinta pada Thomas Lefroy, Tom merupakan seorang pelajar jurusan aturan asal Irlandia yang tengah bermukim sementara di kota Steventon kawasan Jane bermukim. Tom sendiri merupakan keponakan suami sahabat baiknya, Anne, yang juga memperkenalkan keduanya untuk pertama kali. Jane dan Tom sempat mengahbiskan waktu bersama. Tom berasal dari keluarga yang baik namun sederhana. Ayahnya berlatar belakang militer dan ia yaitu anak sulung dari 11 bersaudara. Masa depan keluarganya ada di tangan Tom. Karena alasan ini juga, Anne dan suaminya tetapkan untuk memulangkan Tom ke keluarganya biar Tom dan Jane tidak bertambah bersahabat alasannya yaitu Tom mempunyai tanggung jawab yang besar.


Anne sempat diceritakan putus asa dengan keputusan ini alasannya yaitu ia merasa Tom menyampaikan impian palsu pada Jane yang jelas-jelas sahabatnya. Keluarga Tom menganggap Jane tidak layak menjadi pendamping Tom dengan tanggung jawab yang besar di pundaknya. Tom karenanya menikah dengan seorang perempuan kaya dan mempunyai tujuh anak dan menjadi salah satu petinggi pengadilan di Irlandia. Tom juga sudah tidak pernah bertemu lagi dengan Jane. Pada ketika keduanya berpisah, Jane sempat menulis surat pada saudara perempuannya yaitu Cassandra “Akhirnya tiba waktunya saya mengakhiri semuanya dengan Tom Lefroy. Saat kamu mendapatkan surat ini, semuanya sudah berakhir. Air mataku menetes ketika saya menuliskan ini” Jane pun meninggal dunia di usia 41 tahun dan hingga simpulan hayatnya ia tidak pernah menikah.


 


10. Layla dan Majnun


Membicarakan ihwal cinta memang sesuatu hal yang sangat menarik Kisah Cinta Sejati Yang Berakhir Tragis Dan Menyayat Hati


Photo via : https://en.wikipedia.org


Qays yaitu seorang lelaki muda yang berasal dari keluarga terhomat. Suatu hari ia sedang mengeyam pendidikan di sekolah agama. Pada ketika itu ia bertemu dengan seorang gadis berjulukan Laila dan pada ketika itu juga ia eksklusif jatuh cinta. Sebagai bentuk rasa cintanya, Qays tidak sanggup memberikannya apapun selain puisi-puisi indah. Dan Laila pun kagum dengan puisi Qays dan ia menaruh perasaan yang sama pada Qays. Qays yang tergila-gila dengan Laila terus menerus menulis puisi yang memuji dan mengagumkan sosok menawan gadis itu. Bahkan ia tidak segan-segan untuk membacakan puisi di sudut-sudut jalan. Laila sendiri merupakan seorang gadis anggun yang terlahir dari keluarga terpandang dan kaya raya. Karena kedudukan tersebut, Layla diperlukan dipersunting dengan lelaki yang kedudukannya sama. Namun cinta yang dimiliki Laila dalah cinta suci yang hanya akan diberikan untuk laki-laki yang sungguh mencintainya dan ia yaitu Qays. Saat usia mereka sudah matang, Qays atau yang dijuluki Majnun atau gila alasannya yaitu ketergila-gilanya ia terhadap Laila memberanikan diri untuk meminta restu ayah Laila. Tentu saja hasilnya sanggup ditebak, ayah Laila menolak mentah-mentah. Ayah Laila beralasan bahwa kalau ijab kabul ini terjadi maka kehormatan keluarganya akan tercoreng. Majnun yang terkejut mendengarkannya, tak kuasa menahan kesedihannya. Ia pun tetapkan untuk meninggalkan rumah dan keluarganya. Ia juga tetapkan tinggal di padang belantara yang dipenuhi dengan hewan-hewan buas. Disisi lain Laila dipaksa menikah dengan laki-laki lain yaitu Ibnu Salam. Meskipun hatinya menolak, namun Laila terpaksa menerimanya.


Sepanjang hidupnya, Ibnu Salam tidak pernah sekalipun berhasil menyentuh Laila. Meskipun Laila menjalani kiprahnya sebagai seorang istri. Berita menyakitkan itu usang kelamaan terdengar juga ke telingan Majnun dan ia semakin terpuruk dan tetapkan menjauh dari peradaban dan menghabiskan sisa waktunya di pedalaman hutan. Bertahun-tahun berikutnya, kedua orang bau tanah Majnun meninggal. Laila berniat mengirimi kabar tersebut dan meminya seorang pak bau tanah untuk memberi tahu Majnun. Setelah Majnun mendengarnya, Majnun tersiksa, terpuruk dan menyesal atas kabar kepergian orang tuangya. Ia pun bersumpah untuk menghabiskan seluruh sisa hidupnya di pada gurun. Beberapa tahun berikutnya, suami Laila meninggal dan meskipun tengah dirundung sedih ia berharap sanggup bertemu dengan cinta sejatinya. Namun takdir berkata lain, dalam tradisi Laila harus berkabung atas kematian suaminya selama dua tahun tanpa menemui orang lain sekalipun. Akibat rasa tersiksanya selama bertahun-tahun tidak bisa bertemu dengan pujaan hatinya, Laila meninggal. Kematian sang pujaan tercinta terdengar oleh Majnun dan ia pun menuju kawasan Laila dikuburkan. Majnun pun menghabiskan waktunya dengan menyesal dan menangis dan ia pun meninggal dengan tenang dan jasadnya tergeletak sempurna dipinggir makam Laila.



Sumber http://blogunik.com
Buat lebih berguna, kongsi: