Loading...

√ Jenis Organisasi Tingkat Kemahasiswaan Di Universitas Negeri Makassar (Unm)

Jenis Organisasi Tingkat Kemahasiswaan di Universitas Negeri Makassar  √ Jenis Organisasi Tingkat Kemahasiswaan di Universitas Negeri Makassar (UNM)

Organisasi kemahasiswaan terdiri atas organisasi intra universitas dan organisasi ekstra universitas. Organisasi intra universitas. Organisasi intra universitas yakni organisasi yang secara resmi tercantum pada Peraturan Kemahasiswaan UNM yang dimaksudkan sebagai wahana pengembangan diri mahasiswa ke arah ekspansi wawasan, peningkatan kecerdasa, dan integritas kepribadian untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi.

Organisasi ekstra universitas yakni organisasi tempat untuk mahasiswa berhimpun, yang tidak mempunyai kaitan keorganisasian dengan UNM menyerupai organisasi kedaerahan dan keagamaan. Berikut ini yakni organisasi intra universitas yang ada di UNM.

Maperwa (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa)

Maperwa yang merupakan abreviasi dari "Majelis Permusyawaratan Mahasiswa" yakni organisasi kemahasiswaan yang termasuk perwakilan mahasiswa, menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa melalui penetapan Garis Besar Program Kerja (GBPK) yang dilaksanakan oleh Badan direktur Mahasiswa (BEM). Maperwa terdapat pada tingkat universitas dan fakultas.

BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)

BEM merupakan abreviasi dari "Badan Eksekutif Mahasiswa" yakni forum perwakilan mahasiswa untuk menjabarkan dan melakukan GBPK dalam bentuk aktivitas kerja sesuai dengan yang ditetapkan oleh Maperwa. BEM terdapat pada tingkat universitas dan fakultas.

UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

UKM yang merupakan abreviasi dari "Unit Kegiatan Mahasiswa" yakni satuan organisasi kemahasiswaan yang berfungsi menampung dan melakukan kegiatan sesuai dengan talenta dan kegemaran mahasiswa masing-masing di tingkat universitas. UKM terdiri atas Pramuka, Resimen Mahasiswa, Sintalaras, Korps Relawan, Palang Merah Indonesia, Seni, Olahraga, Penerbitan Kampus, LKMB, Koperasi Mahasiswa dan Penalaran yang jumlah dan jenisnya sanggup ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Kepengurusan ditetapkan dengan SK Rektor sehabis menerima rekomendasi Maperwa.

HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan)

HMJ yang merupakan abreviasi dari "Himpunan Mahasiswa Jurusan" yakni organisasi kemahasiswaan yang merupakan tubuh pelaksana pengembangan kecerdikan sehat dan keilmuan mahasiswa di tingkat jurusan (bagi fakultas yang mempunyai jurusan).

HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi)

HMPS yang merupakan abreviasi dari "Himpunan Mahasiswa Program Studi" yakni organisasi kemahasiswaan yang merupakan tubuh pelaksana pengembangan kecerdikan sehat dan keilmuan mahasiswa di tingkat aktivitas studi.
Sumber http://www.maringngerrang.com/
Buat lebih berguna, kongsi: